Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Berniat Test Drive All New Terios di Diler, Ini yang Harus Dilakukan

Irsyaad Wijaya - Jumat, 12 Januari 2018 | 16:40 WIB
Daihatsu Terios R Deluxe
Trybowo Laksono
Daihatsu Terios R Deluxe

Otomania.comDaihatsu All New Terios bakal menjadi barang incaran orang pada masa saat ini. Bagi yang berminat, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) via jaringan diler sudah mempersilakan calon konsumen untuk menjajalnya.

Apa yang harus dilakukan saat mengetes low SUV ini? Audi Tarantini, EC Advantage Stage Evaluation Department, Test and Validation Division (R&D) ADM membocorkan sedikit apa yang harus dilakukan ketika test drive Terios terbaru.

1. Pintu
Buka pintu dan masuk dalam mobil dan dengarkan bunyi suara pintu ketika ditutup. Ini adlah langkah awal untuk merasakan keheningannya. “Bagaimana suara pintu ketika tertutup, seperti ‘blep’ misalnya,” kata Audi, Kamis (11/1/2018).

(BACA JUGA: Tips Buka Pintu Mobil Saat Parkir dan di Ruang Sempit)

2. Kekedapan
Nyalakan mobil dan dengarkan bunyi decit mesin. Kali ini, tutur Audi, Terios terbaru sudah mengalami pembaruan kekedapan. Suaranya sudah tak lagi masuk ke dalam kabin karena beberapa improvement.

“Kalau Terios lama itu terdengarnya dekat seperti di speedometer, tapi kalau kali ini suaranya seperti jauh berada di luar mobil. Itu karena kami menambahkan karet-karet dan yang lainnya untuk meredam itu semua, demi kenyamanan,” kata Audi.

3. Getaran
Dalam kecepatan rendah, sebaiknya coba rasakan getaran mobil pada jalan yang tidak halus apakah sampai di pinggul atau punggung. “Rata-rata juga kalau di diler itu permukaan jalannya paving block yang terasa kasar, dan coba dirasakan getaran yang dirasakan di bagian pantat atau punggung," kata Audi.

4. Handling
Coba perhatikan terkait handling mobilnya. “Pada kecepatan terbatas sekitar 10-20 kpj saat menjajal di diler, coba dirasakan handling-nya, kemudianya berat atau tidak. Kalau untuk Terios terbaru pada kecepatan rendah terbilang ringan, jadi seperti sedan yang di kecepatan 10-30 kpj dirasa tidak berat,” kata Audi.

(BACA JUGA: Beda Sistem Kerja Mobil Matik Konvensional dan CVT)

“Kami juga menyesuaikan ini (handling ringan), untuk mengakomodasi penggunaan di dalam kota yang macet dan kerap changing lane (berpindah jalur). Jadi mereka butuh kendaraan dengan handling yang responsif,” tutur Audi.

5. Responsif
Perhatikan soal respons gas dan rem, apakah cukup responsif atau tidak. Khusus untuk pengereman, semakin jika terlalu dalam menginjak pedal untuk mendapatkan pengereman maksimal, maka bisa dikatakan itu kurang baik.

“Kalalu Terios sendiri, bisa dikatakan lembut alias tidak perlu menginjak pedal cukup dalam untuk memaksimalkan pengereman. Karena kategori bagus rem, pengendara tak perlu harus terlalu banyak effort untuk melakukan pengereman maksimal, tanpa harus juga mengagetkan,” kata Audi.

(BACA JUGA: Tak Sekelas, tapi Terios dan Xpander Bisa Saling Tikam)

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa