Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Amankah Mematikan Mesin Skutik Saat Masih Berjalan?

Fedrick Wahyu - Selasa, 9 Januari 2018 | 15:30 WIB
Ilustrasi mengendarai motor matik
GridOto
Ilustrasi mengendarai motor matik

Otomania.com - Kebiasaan yang sering kita lihat, pengendara sepeda motor mematikan mesin saat tunggangan masih melaju. Alasannya, sudah dekat, mau berhenti, atau supaya hemat bahan bakar.

Tinggal putar kunci kontak ke posisi "off" saat motor masih berjalan, dan kendaraan akan menyelonong sendiri ke tempat akhir yang dituju. Pertanyannya, apakah kebiasaaan ini akan merusak komponen mesin?

(BACA JUGA: Masih Banyak Perilaku Salah Naik Motor Matik)

"Mematikan mesin saat motor matik masih berjalan sebenarnya tidak ada pengaruhnya. Aman-aman saja," ucap Muhammad Jaji, Service Advisor Yamaha Harapan Motor Sejahtera di kawasan Depok, Jawa Barat, (8/1/2018).

Saat mesin motor matik dimatikan, perputaran hanya terjadi di bagian CVT (Continuously Variable Transmission) yang memutar roda belakang.

Ilustrasi Transmisi Otomatis CVT
hondacengkareng.com
Ilustrasi Transmisi Otomatis CVT

(BACA JUGA: Bukan Merek Jepang, Leluhur Skuter Matik di Indonesia)

"Tidak ada masalah sebenarnya. Karena pada saat mesin mati, bagian yang berputar hanya pada CVT-nya saja. Untuk bagian mesin juga tidak ada pengaruhnya," lanjut Jaji.

Pada dasarnya, cara kerja mesin motor matik akan menyesuaikan perpindahan gigi dengan putaran mesin (rpm) motor. Saat rpm rendah, mesin akan berada pada posisi gigi yang rendah pula.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa