Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Masih Banyak Perilaku Salah Naik Motor Matik

Fedrick Wahyu - Rabu, 3 Januari 2018 | 14:45 WIB
Ilustrasi mengendari motor matik
GridOto
Ilustrasi mengendari motor matik

Otomania.com - Motor jenis skutik saat ini menjadi idola masyarakat Indonesia. Alasannya karena penggunaannya yang praktis tanpa perlu mengoper gigi.

Tapi, banyak orang yang mengendarai motor matik dengan cara yang kurang tepat. Seperti, menarik gas sembari menarik tuas rem.

"Kalau saya perhatikan, di jalan masih ada yang seperti itu, terutama yang masih belajar berkendara," kata Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, Rendra Kusuma, Selasa (2/1/2018).

Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, Rendra Kusuma
KompasOtomotif
Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, Rendra Kusuma

Menurutnya, perilaku menarik gas sambil menarik tuas rem bisa membuat CVT bekerja lebih. Tentu hal itu akan membuat kampas kopling otomatis pada CVT cepat aus karena terus bergesekan dengan mangkoknya.

(BACA JUGA: Suku Cadang Yamaha NMAX yang Bisa Diambil dari Jupiter Z)

"Karena kalau terus bergesekan dengan mangkoknya akan cepat habis kampas koplingnya," kata Rendra.

Rendra menyarankan untuk mengecek CVT setiap 4 bulan sekali atau setelah 8.000 km. Tapi jika gaya berkendaranya masih kurang tepat seperti menarik gas dan tuas rem di saat yang bersamaan, maka harus dicek lebih awal.

Menurut Rendra, berkendaralah sewajarnya mengendarai motor pada umumnya. Jika ingin melaju, maka tarik gas secukupnya tanpa menarik tuas rem. Begitu pun sebaliknya. Jika ingin berhenti, maka tarik tuas rem seiring menutup tekanan gas.

Ngegas sambil ngerem juga berakibat fatal pada kampas rem yang cepat aus, karena kerjanya dipaksakan. Lampu rem juga dipastikan lebih cepat mati.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa