Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pabrikan Motor Dunia Acuhkan Kesepakatan Speed Limiter

Irsyaad Wijaya - Kamis, 4 Januari 2018 | 11:35 WIB
Suzuki Hayabusa diklaim motor tercepat
Suzukicycles.com
Suzuki Hayabusa diklaim motor tercepat

Otomania.com - Adakah yang tahu jika kecepatan semua motor yang diproduksi di dunia dibatasi? Tak terkecuali motor berkapasitas mesin besar atau sering disebut superbike.

Kesepakatan itu didapat antar pabrikan motor di dunia. Angka yang dipetik dari "musyawarah" itu adalah maksimal 300 km/jam. Pembatasan tersebut lahir sekitar tahun 2.000-an.

Tujuannya, menyudahi persaingan antar produsen motor dalam menciptakan motor berkecepatan tinggi. Itu sebabnya, banyak pabrikan memberi speed limiter pada produk-produk superbike-nya hingga maksimal 300 km/jam saja.

Sejarahnya, dulu, perburuan top speed terus berkembang. Mulai dari pemegang rekor tak tertandingi Honda CBR1000XX yang tembus hingga 290 km/jam, Namun akhirnya dipatahkan oleh Suzuki dengan Hayabusa yang punya kecepatan puncak hingga 306 km/jam.

(BACA JUGA: Cara Memanaskan Sepeda Motor yang Benar)

Lalu disusul lagi, sesama pabrikan Jepang yaitu Kawasaki yang menciptakan ZX-12R yang lebih edan lagi top speed-nya sampai 322 km/jam, tetapi hingga kini Hayabusa diakui sebagai motor tercepat. Sebab, Hayabusa-lah yang memegang predikat tersebut sebelum ada larangan dari otoritas Eropa.

Politisi Eropa akhirnya membuat regulasi larangan mengimpor motor berkecepatan tinggi. Alasannya karena membahayakan penggunanya sekaligus untuk menekan antusiasme pemilik motor untuk memecahkan rekor motor tercepat.

Tetapi, Kabar tersebut belum jelas apakah harus benar-benar 300 km/jam atau mendekati 300 km/jam.

Pabrikan Honda kemudian mengakui produknya hanya sampai 300 km/jam. Sementara Suzuki dan Kawasaki tidak memberikan jawaban atau tanggapan.

Tetapi pada 2007, produsen motor Italia, MV Agusta menentang kesepakatan tersebut dengan menciptakan F4R 312. Kode 312 sebagai petunjuk jika motor ini bisa mencapai topspeed hingga 312 km/jam.

(BACA JUGA: Pernah Terbayang Beli Mobil Pake Uang Receh? Ini Kisah Nyata)

Namun, klaim top speed F4 R 312 hingga 312 km/jam itu hanya bisa diraih oleh satu Majalah otomotif Italia, Motociclismo. Lainnya, Sport Rider hanya mencetak 298,4 km/jam, Motorcyclist pada kisaran 295 km/jam.

Selanjutnya, pada pabrikan motor asal Jerman Cycle World membuka suara jika BMW S1000RR bisa mencapai 303 km/jam pada tahun 2012. Diikuti Ducati 1199 Panigale R pada 2013 yang punya indikator lampu berkedip saat mencapai 300 km/jam, mengindikasikan kalau motor ini bisa lebih kencang dari 300 km/jam.

Kemudian Kawasaki membuat Ninja H2R yang cuma khusus sirkuit, tanpa limiter. Diklain bisa ngebut 340 km/jam.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa