Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jakarta Bersiap "Terima Tamu" 107.000 Kendaraan

Irsyaad Wijaya - Senin, 1 Januari 2018 | 17:15 WIB
ilustrasi kepadatan arus balik liburan natal dan tahun baru
Kompas.com
ilustrasi kepadatan arus balik liburan natal dan tahun baru

Otomania.com - Hari ini, Senin (01/01/2018) telah resmi memasuki tahun yang baru. Euforia perayaan malam tahun baru di beberapa daerah masih bisa dirasakan. Namun, diprediksikan hari ini adalah puncak arus balik para masyarakat yang telah berlibur keluar kota.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowa mengatakan, diperkirakan sekitar 107.000 kendaraan akan kembali ke Jakarta. Hal itu mungkin masih bisa bertambah lagi volumenya. 

"Prediksi dari Jasa Marga, besok diperkirakan totally masih ada 107.000 kendaraan yang akan masuk Jakarta lewat sini," tutur Royke, dikutip dari kompas.com di Tol Cikarang Utama, Cikarang, Minggu (31/12/2017) malam.

Kepadatan arus kendaraan yang ingin kembali ke Jakarta diperkirakan dimulai pukul 15.00 hingga tengah malam. Karena berdasarkan pengalam tahun-tahun sebelumnya, masyarakat banyak yang mengambil waktu sore hari untuk perjalanan.

(BACA JUGA: Menteri Perhubungan Minta Bus Tak Layak Jalan Dikandangkan)

"Kerja keras nih kami. Sekarang landai keluar masuk," ucap Royke.

Sebelumnya, Royke juga memantau situasi lalu lintas di kawasan Puncak, Bogor. Sama dengan Tol Cikarang Utama, Tol Jagorawi ke arah Puncak dan Ciawi sangat lengang tidak ada penumpukan kendaraan disana.

Bahkan, sebelum jalan menuju Puncak ditutup pukul 18.00 WIB. Sudah tidak ada lagi kendaraan yang melintas. Penutupan jalur tersebut terkait dilakukannya car free night hingga Senin pagi.

Sementara itu, di kawasan wisata lain di kota besar juga terpantau padat. seperti di Ibu kota dengan diadakannya Car free Night cukup mengurangi angka kemacetan di Tengah kota.

(BACA JUGA: Yamaha NMAX Berhias Tattoo Etnik Khas Borneo)

"Contohnya, Jakarta car free night kami lakukan di Sudirman, Thamrin, Monas, ini sangat mengurangi kepadatan. Begitu juga kota lain," kata Royke.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa