Bisa Lebih Seru dari F1, Ajang Balap Tanpa Pebalap

Irsyaad Wijaya - Minggu, 31 Desember 2017 | 11:00 WIB
Roborace ajang balap tanpa pengemudi
motorsport.com
Roborace ajang balap tanpa pengemudi

Otomania.com – Bagaimana jika balapan digelar tanpa melibatkan pebalap? Ini yang tergambar dari ajang bernama Roborace, siap diselenggarakan pertama kali pada 2018. Di bayangan kami, bisa jadi balapan ini bakal lebih seru, bahkan saingi F1 sekali pun.

Roborace adalah ajang balap mobil listrik tanpa driver, pertama di dunia. Pemrakarsa ajang balap ini adalah Alejandro Agag, dan rencananya event perdana dilangsungkan di sirkuit Autosport Stage di Autosport International 2018, Minggu (31/12/2017)

Robocars
motorsport.com
Robocars

Roborace diharapkan bisa mendidik masyarakat tentang manfaat dan keamanan teknologi ini, saat mereka berhasil beroperasi di jalanan. kompetisi ini juga langkah awal untuk terus mengembangkan teknologi Artificial Intelligence (AI).

(BACA JUGA: Penampilan Baru Honda HR-V untuk 2018)

Roborace, dan Robocar ini memiliki “otak” dari Nvida Drive PX2 GPU yang mampu mengoperasikan 24 triliun A.I. per detik. Berbicara tentang desain, Robocar ini dirancang oleh desainer otomotif yang berpengalaman membuat mobil di film-film Hollywood, seperti Tron dan Oblivion yaitu Daniel Simon.

bobot mobil kurang lebih 1000kg
kompas.com
bobot mobil kurang lebih 1000kg

Bobot mobil ini lebih dari 1.000 kg, memiliki penggerak empat motor elektrik berkapasitas 300 kW, masing-masing satu di setiap roda untuk memungkinkan torsi vectoring, dan membuat Robocar mampu melaju dengan kecepatan lebih dari 200mph (320 kpj).

"Senang membawa Robocar ke Autosport Stage. Roborace merupakan seri kompetisi pertama dan satu-satunya di dunia untuk teknologi pengemudi otonomos, karena itu jadi bagian penting dari dunia motorsport,” ujar Lucas di Grassi, CEO Roborace.

(BACA JUGA: Balapan Basah, Ini Komponen Motor MotoGP yang Wajib Diganti)

Bagaimana keseruan ajang balap ini kita tunggu saja 2018 mendatang.

robocars
motorsport.com
robocars

desain sangat futuristik
motorsport.com
desain sangat futuristik

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : Kompas.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa