Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Dia Jawara Motor Bekas Sepanjang Tahun 2017, Tebak Siapa?

Irsyaad Wijaya - Sabtu, 30 Desember 2017 | 17:56 WIB
Ilustrasi pedagang motor bekas.
GridOto
Ilustrasi pedagang motor bekas.


Otomania.com - Salah satu alternatif untuk memiliki sebuah motor adalah membeli motor bekas. Di segmen motor bekas, ternyata jenis skutik adalah yang jadi primadona dibanding jenis lain.

Dari data yang diolah tim Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Carmudi.co.id, Honda New Vario 125 lansiran tahun 2016 adalah yang paling diminati masyarakat. Dalam data Litbang Carmudi, tercatat model ini menguasai pangsa pasar motor bekas di Indonesia sebesar 17% sepanjang tahun 2017.

Posisi kedua diisi oleh Yamaha Mio Z lansiran 2016, dan diikuti Honda Supra X 125 Fi yang juga lansiran tahun 2016 di posisi ketiga. Sedangkan Honda BeAT Fi yang laris di pasar motor dengan status baru, pada pasar motor bekas hanya mampu menempati posisi keempat, tepatnya untuk BeAT lansiran tahun 2016.

(BACA JUGA: Mau Kredit Honda PCX 150, Ini Skema DP dan Cicilannya)

“Pangsa pasar motor bekas memiliki karakteristik yang berbeda dengan mobil bekas. Biasanya tren penjualannya berbeda dengan motor baru, baik model maupun mereknya.

Bisa saja jika di penjualan motor baru merek Honda menguasai, di segmen motor bekas justru merek lain yang dominan,” jelas Managing Director Carmudi.co.id, Nimash Stefano Kirihettighe.

Sementara itu, soal perkembangan pasar motor bekas tahun 2017, salah satu pedagang motor bekas menyatakan, di tahun 2017 penjualan motor bekas terjadi sedikit penurunan di akhir tahun. Hal tersebut disinyalir lantaran masyarakat yang menunggu pergantian tahun untuk mendapatkan harga motor bekas yang bisa lebih murah.

“Pembelian motor bekas tahun ini biasa saja, tidak ada kenaikan atau penurunan signifikan masih stabil-stabil saja. Namun akhir tahun ini agak turun ya mungkin faktor orang mau liburan panjang tahun baru, ada juga yang mau beli motor nunggu tahun depan dengan harapan harga motor bekas turun,” kata Muhammad Mumu pemilik diler motor bekas Gapura Motor.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa