Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Salah Kaprah Ritual Merawat Aki

Donny Apriliananda - Kamis, 28 Desember 2017 | 17:00 WIB
No caption
No credit
No caption

Otomania.com - Umur aki juga dipengaruhi dari kebiasaan buruk pengguna kendaraan saat melakukan perawatan. Meski penting untuk dilakukan, namun bila perlakuannya salah justru bisa membuat usia aki lebih pendek.

Marketing Manager Bosch Automotive Aftermarket Indonesia Griselda Iwandi, menerangkan, saat ini kebanyakan orang mengerti mengenai perawatan aki, tapi dalam melakukannya masih banyak yang salah. 

"Merawatnya mungkin sudah mengerti, tapi ada kebiasaan yang salah saat melakukannya. Hal ini juga penting diketahui karena mempengaruhi umur aki," ucap Griselda beberapa waktu lalu.

(Baca Juga: Patokan Waktu dan Kondisi Ganti Oli Mesin)

Setidaknya ada empat kebiasaan buruk menurut Griselda yang banyak ditemui saat melakukan perawatan. Mulai ketika membersihkan, sampai saat memasang kembali aki ke tempatnya di kendaraan.

No caption
No credit
No caption

Berikut kebiasaan buruk yang bisa mempengaruhi kualitas dan umur pakai aki:

1. Membersihkan aki atau terminal aki dengan amplas. Meski bisa bersih, tapi jangan melakukan hal ini karena dampaknya bisa merusak atau mengikis terminal aki dan connector-nya. Cukup dibersihkan dengan menggunakan air hangat dan lap kering.

(Baca Juga: LCGC Nggak Kuat Nanjak Terciduk di Magetan)

2. Mengencangkan terminal aki dengan cara menambah plat atau baut. Cara ini dianggap salah karena bisa menimbulkan celah yang membuat lompatan arus listrik dan percikan.

3. Memasang atau melepas terminal aki dengan cara dipukul dengan palu atau ditarik paksa dapat merusak terminal, grid, dan separator.

4. Menambah air aki (untuk dry charge) sangat tidak dianjurkan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa