Ada yang Tahu Basis dan Sejarah "Oplet" di Ibu Kota?

Donny Apriliananda - Kamis, 28 Desember 2017 | 12:59 WIB
Rano Karno 'Si Doel' bersama mobil Oplet legendarisnya
Kompas.com/Dian Reinis Kumampung
Rano Karno 'Si Doel' bersama mobil Oplet legendarisnya

Otomania.com - Buat "anak zaman now", keberadaan Oplet dikenal karena kemunculannya di layar kaca Indonesia saat sinetron Si Doel Anak Sekolahan eksis pada 1994-2003. Inilah angkutan umum legendaris yang bisa jadi tak banyak yang tahu asal-muasalnya.

Oplet bukanlah merek mobil, bukan juga sebutan aslinya. Dari berbagai referensi yang Otomania gali, kendaraan ini populer digunakan pada era 1960-an dan 1970-an.

Oplet mencapai masa jaya karena menjadi kendaraan umum paling hits di Jakarta sementara transportasi berbasis bus masih jarang. 

Konon kata "Oplet" berasal dari gabungan Opellett atau Opel kecil walau ada juga yang mengatakan nama Oplet berasal dari nama Chevrolet sampai auto let.

(Baca Juga: Tengok Sejarah, Ini Daihatsu Pertama yang Pakai Transmisi Otomatis)

Morris Minor Traveller
absolute-classic-cars.co.uk
Morris Minor Traveller

Yang jelas, Oplet adalah Morris Minor Traveller buatan Inggris dengan sebuah ban yang dimodifikasi. Selain itu mobil yang dijadikan oplet umumnya merupakan merek Austin sehingga orang Betawi zaman dulu lebih suka menyebutnya ostin, bukan oplet.

Nah, Oplet yang dipakai di sinetron Si Doel Anak Sekolahan itu berbasis Morris Minor Traveller keluaran 1957. Yang khas dari mobil ini, sebagian pilar menggunakan kayu.

(Baca Juga: Mobil Langka Melintas di Solo, Coba Tebak Merek dan Jenisnya!)

Mesin berkapastitas 1.098 cc dengan 4 silinder sejajar. Tenaga yang dihasilkan mencapai 48 tk @5.100 rpm. Sedangkan untuk torsi maksimumnya adalah 81 Nm @2.500 rpm.

Oplet adalah kendaraan umum yang memiliki satu pintu di bagian belakang. Pintu itu menjadi tempat masuk dan keluar penumpang.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : Wikipedia

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X