Mengenal Persaingan Mesin "Inline 4 dan V4" pada MotoGP

Irsyaad Wijaya - Rabu, 27 Desember 2017 | 08:05 WIB
Mesin Inline4 (kiri) dan V4 (kanan)
Twitter/MotoGP
Mesin Inline4 (kiri) dan V4 (kanan)

Otomania.com - MotoGP sebagai ajang balap motor paling bergengsi di dunia memiliki banyak aturan ketat soal pebalap dan motor. contohnya konfigurasi mesin yang digunakan hanya dua jenis yaitu Inline4 dan V4.

Mesin Inline4 adalah mesin dengan 4 silinder segaris dengan keempat silindernya terpasang mendatar satu arah di dalam bak mesin. Pabrikan untuk MotoGP yang menggunakan konfigurasi Inline4 adalah Yamaha dan Suzuki.

Konfigurasi mesin segaris 4 silinder MotoGP
motogp.com
Konfigurasi mesin segaris 4 silinder MotoGP

Sedangkan mesin V4 adalah mesin 4 silinder dengan silnder yang susunanya diatur sedemikian rupa hingga membentuk huruf V. Ducati, Honda, Aprilia, dan KTM pabrikan yang menggunakannya.

Konfigurasi mesin V 4 silinder
motogp.com
Konfigurasi mesin V 4 silinder

Perbedaan spesifikasi mesin tersebut pastinya juga memiliki dampak. Melalui Twitter resminya, MotoGP mengunggah video yang menjelaskan dampak perbedaan konfigurasi mesin ini seperti dilansir dari GridOto.com.

(BACA JUGA: Yamaha Siapkan Suspensi Monosok untuk Aerox 155?)

Mesin Inline4 cenderung lebih lebar, tetapi lebih pendek dan memiliki bagian yang lebih sedikit. Dampaknya, posisi air box dan sistem exhaust lebih mudah pada mesin jenis ini.

Sedangkan di mesin V4 lebih ramping dibanding Inline 4, tetapi lebih panjang dan memiliki lebih banyak bagian. Dampaknya, posisi air box dan sistem exhaust lebih rumit pada mesin V4.

Dengan perbedaan dari segi kerampingan mesin ini, tentu memengaruhi dimensi bodi motor dan memengaruhi aerodinamika. Salah satu dampak lain dari perbedaan mesin itu adalah penempatan mesin yang berbeda yang menimbulkan perbedaan titik gravitasi.

Posisi mesin dan beratnya juga memengaruhi kelincahan dan stabilitas motor. pastiya pabrikan mempunyai alsan tersendiri kenapa memilih konfigurasi mesin tersebut.

Lebih jelasnya cek video berikut ini.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa