Keren! Vespa Zaman Perang Ini Mampu Bikin Tank Kocar-kacir

Fedrick Wahyu - Sabtu, 23 Desember 2017 | 14:45 WIB
Meriam depan Vespa 150 TAP
newatlas.com
Meriam depan Vespa 150 TAP

Otomania.com - Salah satu motor klasik yang banyak penggemarnya yaitu Vespa, ternyata sempat dijadikan kendaraan perang oleh Perancis.

Vespa yang dijadikan kendaraan perang Perancis ini bernama Vespa 150 TAP. TAP memiliki kepanjangan Troupes Aéro Portées.

Selain sebagai kendaraan perang Vespa ini juga ditakuti oleh tank-tank milik musuh Perancis. Bagaimana tidak, Vespa 150 TAP diberi meriam M20 7mm recoilless yang mampu menghancurkan armor tank setebal 100mm.

Dibuat oleh ACMA Prancis
newatlas.com
Dibuat oleh ACMA Prancis

Dikarenakan meriamnya yang tak bisa diarahkan, maka operator Vespa TAP yang berjumlah dua orang harus memisahkan merimanya dari motor.

(BACA JUGA: Spesial, NMAX dan Vespa Saat Mencari Parkiran di Mall)

Vespa 150 TAP ini dibekali basis mesin 125 cc namun demi keperluan perang, mesin dioprek menjadi 146 cc. Kecepatan maksimalnya hanya 64 km/jam. Wajar jika kecepatannya segitu, karena motor itu diberi beban sebuah meriam penghancur tank.

Vespa 150 TAP era PD2
newatlas.com
Vespa 150 TAP era PD2

Motor perang unik ini tidak dibuat oleh Piaggio Italia namun dibuat oleh (Ateliers de Construction de Motocycles et Automobiles) yang merupakan perakit Vespa di Prancis.

Awalnya Perancis membutuhkan kendaraan tempur (ranpur) untuk perang gerilya saat Perang Algeria 1954 sampai 1962. Maka dibuatlah sebanyak 500 unit motor ini.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Anton Hari Wirawan
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa