Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Apa Iya Vespa Masa Kini Sulit Distarter?

Donny Apriliananda - Senin, 4 Desember 2017 | 07:05 WIB
Bengkel spesialis Vespa dan Piaggio mtik yang berlokasi di Jalan Layur Pulogadung Jakarta TImur
Ghulam/Otomania
Bengkel spesialis Vespa dan Piaggio mtik yang berlokasi di Jalan Layur Pulogadung Jakarta TImur

Otomania.com - Vespa modern bukan berarti bebas masalah. Ternyata banyak keluhan soal sulitnya distarter, terutama untuk yang usia motornya di atas dua tahun. Banyak penyebab, dan itu tidak melulu soal aki.

Ichan, salah satu mekanik bengkel spesialis Vespa di Jalan Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur, mengatakan bahwa biang hal itu bisa juga pada motor starter atau dinamo starter yang kemampuan kerjanya sudah tidak maksimal lagi.

"Jika masalahnya karena aki atau dinamo starter terkadang tidak ada toleransi. Harus diganti dengan yang baru, karena punya masa pakai yang memang tidak bisa diservis," kata Ichan, belum lama ini.

Baca: Vespa Baru Ini Dibanderol Lebih Mahal dari LCGC

Gejala
Agar tidak mogok atau kesulitan di jalan, pemilik Vespa modern wajib tahu seperti apa ciri-ciri aki atau dinamo starter yang bermasalah. Paling mudah, tergambar dari bunyi klakson dan sistem pencahayaan.

"Kalau sudah tidak maksimal, misal bunyi klakson kecil dan pancaran lampu juga kecil, itu biasanya jadi tanda," kata Ichan.

Umur atua masa pakai dinamo starter diperkirakan sekitar dua tahun, asal dipakai rutin tiap hari. Ya, tergantung dari pemakaian. "Justru kalau jarang dipakai bisa kurang dari itu. Sebab, komponennya lama tidak bekerja," ucap Ichan.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa