SUV dengan "Konde" Ketinggalan Zaman?

Donny Apriliananda - Jumat, 22 Desember 2017 | 18:17 WIB
Ban serep pada Toyota Rush model lama
Coverban.blogspot.com
Ban serep pada Toyota Rush model lama

Otomania.com – Mobil berkonde atau yang menggendong ban cadangan di bodi belakang sudah tidak lagi terlihat di deretan model baru di Indonesia. Tengok saja Suzuki Jimny yang meluncur di GIIAS lalu, atau Rush-Terios baru yang bagian belakangnya sudah polos.

Mobil model lama yang sampai sekarang masih dijual juga sudah banyak melepas konde, misalnya Toyota Land Cruiser, Isuzu Panther, atau Suzuki Vitara. Seiring perkembangan desain otomotif, konde yang jadi elemen utama penguat kesan SUV mulai berkurang digantikan arah desain yang menjurus crossover.

Tanda-tanda Rush-Terios menghilangkan konde sudah ditunjukkan pada GIIAS 2017 lalu, saat PT Toyota Astra Motor (TAM) menunjukkan Rush (model lama) yang dimodifikasi ban belakangnya untuk diletakkan di dalam.

Baca Juga: SUV Keren Lamborghini Bisa Didatangkan Importir Duluan

Toyota Rush modifikasi tanpa ban cadangan tampil di GIIAS 2017.
KompasOtomotif-Donny Apriliananda
Toyota Rush modifikasi tanpa ban cadangan tampil di GIIAS 2017.
Akbar Juniarto, Designer Staff C&A Planning and Design TAM, mengatakan, saat itu tujuannya ingin mengetahui penerimaan masayarakat bila Rush lepas konde.

“Saya pribadi tidak bilang (konde) itu ketinggalan zaman, tapi memang melihat semua model SUV yang baru, mayoritas sudah tidak menggunakan konde lagi,” kata Akbar, beberapa waktu lalu.

Hasil riset dan survei yang dilakukan pada model pamer itu bakal jadi masukan buat pengembangan Rush.

Lepas konde mungkin saja bikin kehilangan rasa kental SUV. namun Toyota butuh sesuatu yang baru dan segar untuk beralih ke generasi kedua. Selain itu tanpa konde juga mungkin bisa jadi senjata buat melawan dominasi BR-V. 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa