Bensin Pertamina Naik Kelas, Cocok dengan Standar Emisi Euro IV

Fedrick Wahyu - Jumat, 22 Desember 2017 | 07:45 WIB
Mobil pengangkut Pertamax Turbo
Pertamina
Mobil pengangkut Pertamax Turbo

Otomania.com - Bensin terbaru dari PT Pertamina (Persero) dengan Research Octane Number (RON) 98, Pertamax Turbo, kini punya formula baru. Ini membuatnya kompatibel atau bisa digunakan untuk memenuhi standar emisi Euro IV.

Pertamax Turbo menjadi bagian dari program Pertamina, sejalan dengan agenda pemerintah yang mencanangkan penggunaan BBM berstandar Euro IV secara bertahap mulai 2018 hingga 2021.

Pertamax Turbo memiliki kualitas tinggi dengan kandungan sulfur lebih rendah mencapai maksimal 50 parts per million (ppm)," kata Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito di SPBU Pertamina Lenteng Agung Timur, Jakarta Selatan, Rabu (20/12/2017).

(BACA JUGA: Sudah Banyak SPBU Layani Isi BBM Pakai Kartu My Pertamina)

"Kandungan sulfur yang semakin rendah, maka dampak negatif dari polusi yang dihasilkan juga akan semakin rendah,” tambah Adiatma.

Hasil Uji
Hal ini terbukti setelah melalui uji emisi yang dilakukan LAPI ITB yang mengindikasikan bahwa Pertamax Turbo dengan spesifikasi terbaru ini dapat mengurangi kadar Carbon Monoxide (CO), Hydrocarbons (HC) dan Nitrogen Oxides (NOx).

"Upaya Pertamina dalam memenuhi standar tersebut serta meningkatkan kualitas udara di Indonesia dengan mengurangi emisi gas buang demi kesehatan masyarakat Indonesia diusung dengan kampanye “Road to Euro IV”," ujar Adiatma.

Sayangnya, Pertamax Turbo dengan spesifikasi terbaru ini belum bisa dinikmati semua pengguna kendaraan di Indonesia. Karena BBM ini baru bisa ditemukan pada SPBU di Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat.

(BACA JUGA: Knalpot Bising Dilarang Isi Bensin Di SPBU Pertamina!)

"Untuk selanjutnya juga akan dijual di seluruh Indonesia secara bertahap," ucap Adiatma.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa