Jangan Asal Beli Selang Radiator Motor "Aftermarket", Ini Alasannya

Fedrick Wahyu - Selasa, 19 Desember 2017 | 18:02 WIB
Selang radiator motor aftermarket
Bukalapak.com
Selang radiator motor aftermarket

Otomania.com - Banyak pengendara sepeda motor ingin merubah tampilan radiator agar terlihat lebih menarik. Caranya, mengganti selang radiator yang memiliki warna, karena pada umumnya selang radiator hanya berwarna hitam.

Namun, penggantian ini punya efek negatif yang mengintai. Ada kemungkinan selang radiator bocor, atau usianya tak bisa ditebak.

(BACA JUGA: Cukup Sejam, Honda Mampu Jual 500 Motor di Indonesia)

"Sebenarnya penggantian ini boleh-boleh saja, tapi sebaiknya hanya pergunakan selang dari merek yang benar-benar sudah teruji kualitasnya. Sesuai pepatah, harga tentunya menentukan kualitas," kata Eddy Yulianto, Kepala Mekanik Super Sukses Motor Kawasaki di Fatmawati, Jakarta Selatan, dikutip dari GridOto.com.

Selang radiator yang tidak jelas produsennya tentu diragukan kualitas selangnya. Selang yang berkualitas pada umumnya tidak mudah bocor, lebih tahan panas, tidak cepat kaku.

“Kalau ganti selang aftermarket hanya untuk gaya dan penampilan tanpa memerhatikan bahan pembuatannya, ini yang bahaya. Daya tahan selangnya pasti tidak akan lama, justru rentan mengalami kebocoran," kata Eddy.

(BACA JUGA: Antre Panjang Honda CRF150L di Jawa Timur)

"Kalau pakai aksesoris yang biasa-biasa saja untuk sekadar gaya, lebih baik pakai yang standar pabrikan saja. Itu tentunya sudah cukup aman," tambahnya.

Intinya sah-sah saja mengganti selang radiator motor dengan yang aftermarket tapi pilihlah yang berkualitas demi keamanan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa