Radiator Rusak Usai Lintasi Genangan atau Banjir? Ini Sebabnya

Aris F Harvenda - Jumat, 17 November 2017 | 11:07 WIB
radiator mobil
radiator mobil

Jakarta, Otomania - Saat mobil sering melintasi genangan atau banjir ada baiknya mulai diwaspadai kondisinya. Ada hal-hal yang patut diperhatikan dan ada beberapa komponen rentan mengalami kerusakan.

Salah satu komponen yang wajib diperiksa adalah radiator. Kerusakan bisa timbul karena adanya partikel kecil, kotoran, dan sampah yang hanyut. Jika kotoran tersebut menempel atau terselip di radiator lantas dibiarkan terus, maka akan menyebabkan kerusakan.

Secara dimensi radiator punya ruang yang cukup luas, maka biasanya sampah yang hanyut saat banjir sering menempel. Jika tidak segera diangkat atau dibersihkan maka akan menghambat proses pendinginan.

"Makin parah lagi jika kotoran tersebut dibiarkan lebih lama dan akan berakibat membuat mampat radiator atau kerusakan pada sarang lebah (kisi-kisi radiator). Efeknya mesin jadi panas (overheat)," papar Teddy Jusman, Kepala Bengkel SS Performance.

Solusinya, jika sampah berukuran besar dan masih terlihat serta terjangkau tangan, cukup singkirkan dari radiator. Setelah itu, semprot radiator menggunakan air bersih dengan tekanan tidak terlalu kencang untuk mencegah kerusakan kisi-kisi radiator.

Jika dirasa sulit dilakukan sendiri, segera datangi bengkel resmi atau langganan Anda untuk dibersihkan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Aris F Harvenda

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa