Part Motor Bernama "Gir Buta", Langsung Simak Penjelasannya

Irsyaad Wijaya - Minggu, 17 Desember 2017 | 11:24 WIB
Ilustrasi Gir motor
fncounter
Ilustrasi Gir motor

Otomania.com - Banyak komponen atau sparepart sebuah sepeda motor yang bisa menunjang performa atau laju kecepatannya. Salah satunya adalah "Gir".

Produk after market banyak menyediakan pilihan gir dengan berbagai ukuran dan merek. Tentunya tergantung budget yang dimiliki.

Ada juga gir yang bukan merupakan produk pabrikan tetapi banyak dipakai oleh modifikator Tanah air. Gir tersebut bernama "Gir Buta".

Lalu apa yang dimaksud dengan gir buta?

(BACA JUGA: Agen Pemegang Merek (APM) Siap produksi Angkutan Umum)

Untuk yang hobi modifikasi motor pasti gir buta sudah sangat familiar. Tetapi bagi yang baru 'nyebur' ke dunia otomotif, kemungkinan sebagian dari kalian belum tahu.

Gir buta adalah gir yang belum mempunyai punya lubang dudukan untuk dikaitkan ke nap gir, atau bisa juga disebut sebagai gir bahan. Gir buta bisa jadi pilihan jitu untuk motor keluaran baru, yang belum banyak tersedia produk aftermarketnya.

Gir buta atau gir bahan, banyak tersedia dalam berbagai pilihan mata gir tetapi belum ada lubang dud
Tokopedia
Gir buta atau gir bahan, banyak tersedia dalam berbagai pilihan mata gir tetapi belum ada lubang dud

Yang perlu dilakukan untuk memasang gir buta adalah membawanya dulu ke bengkel bubut, untuk melubangi gir agar sesuai dengan nap gir yang ada pada motor.

Kelebihan dari gir buta sendiri adalah tersedianya pilihan mata gir yang bermacam-macam, yang belum tentu ada pada gir set dengan peruntukkan motor tertentu. Sehingga modifikator lebih bebas menentukkan kombinasi gear yang diinginkan.

Editor : Anton Hari Wirawan
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X