Penutup Rantai Bisa Hindari Pakaian Terlilit Gir Motor?

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 14 Maret 2017 | 07:05 WIB
Kasus pakaian terlilit di sepeda motor
roda2blog
Kasus pakaian terlilit di sepeda motor

Jakarta, Otomania.com – Kejadian kecelakaan berkendara dalam kasus pakaian yang terlilit di gir sepeda motor masih kerap terjadi. Kasus yang baru-baru ini viral di media sosial, seorang pembonceng ojek online yang pakaiannya terlilit pada gir motor, banyak yang menyalahkan karena motor tidak menggunakan penutup rantai.

Baca : Jaga Pakaian Jangan Sampai Terlilit Gir Motor

Benarkah memakai penutup rantai dapat menghindari kemungkinan pakaian tidak terlilit pada gir sepeda motor? 

Menurut Endro Sutarno, dari divisi pelatihan PT Astra Honda Motor, menggunakan penutup rantai tidak akan membebaskan dari kemungkinan pakaian terlilit gir. Apabila pakaian terlalu panjang pasti bisa terlilit pada gir sepeda motor. 

"Biar ada penutupnya kalau pakaiannya terlalu panjang pasti bisa terlilit. Paling riskan memang pada motor yang ada gir-nya," ucap Endro saat dihubungi, Senin (13/3/2017).

Untuk itu Endro menyarankan pengguna sepeda motor harus lebih memperhatikan pakaian yang dikenakan. Penggunaan kain panjang atau model pakaian yang menjuntai memiliki resiko besar terlilit pada gir meski rantai menggunakan penutup.

"Jas hujan juga sama. Kain begitu kena bawah maka akan melilit bagian rantai. Paling rentan memang yang gemar mengenakan kain panjang, harus lebih hati-hati," ucap Endro.

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X