4 Masalah Penyebab Kaca Mobil Retak dan Pecah

Irsyaad Wijaya - Kamis, 14 Desember 2017 | 13:05 WIB
ilustrasi kaca mobil pecah
mobilku.org
ilustrasi kaca mobil pecah

Otomania.comKaca yang tampak kuat terpasang pada bodi mobil mungkin saja pecah atau retak. Ada beberapa hal menyebabkannya sehingga fungsi sebagai pelindung pun terganggu.

Salah satu faotkro penyebab kaca mobil pecah atau retak di antaranya terbentur benda tumpul atau tajam. Misalnya saat sedang berjalan, tanpa sengaja mobil di depan menginjak batu dan terpental ke kaca mobil Anda. 

"Saat kerikil diterjang oleh mobil di depan kita dengan kecepatan tinggi, kemungkinan besar bisa menyebabkan kaca mobil pecah, ucap Harintoyo Prihadi, TQA Manager PT Mulia Glass, di Jakarta, (11/12/2017).

(BACA JUGA: Saran Pengguna untuk Memaksimalkan Honda CRF150L)

Ada juga penyebab lain karena penggantian atau pemasangan kaca yang kurang pas. “Untuk memasang atau mengganti kaca sebaiknya dilakukan di bengkel resmi atau bengkel spesialis yang recommended,” ujar Hari.

ilustrasi penggantian kaca mobil
mobilku.org
ilustrasi penggantian kaca mobil

“Sebab jika pemasangan kaca tidak menyediakan ruang muai yang memadai, maka saat tekanan tinggi terjadi maka risiko kaca pecah akan semakin besar,” imbuh Hari.

Lalu, temperatur tinggi ternyata dapat memicu terjadinya kaca mobil pecah karena proses pemuaian. Sebab ruang pemuaian pada kaca kurang, sehingga timbul tekanan tinggi.

Terakhir, karena jalanan yang rusak. Terdapat tekanan berlebih dan tak berimbang dari bodi mobil membuat kaca tak kuat menahan beban.

“Sangat mungkin jalan yang tidak rata membuat kaca mobil bisa pecah, karena saat melewati jalan rusak akan ada tekanan yang tidak berimbang ke tiap sudut bodi,” Sambung Hari.

(BACA JUGA: Knalpot Bising Dilarang Isi Bensin Di SPBU Pertamina!)

“Logikanya kalau mobil tabrakan, baik dengan kendaraan lain ataupun dengan benda keras kaca akan pecah karena adanya defleksi dari bodi mobil,” kata Hari lagi.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa