Perlu Tahu, Penanganan yang Tepat Saat Motor Terbakar

Fedrick Wahyu - Minggu, 3 Desember 2017 | 13:07 WIB
Ilustrasi Motor Terbakar
Bali.tribunnews.com
Ilustrasi Motor Terbakar

Otomania.com - Beberapa waktu yang lalu sempat beredar posting-an video yang merekam motor terbakar di dekat SPBU. Kejadian seperti ini tidak bisa diprediksi dan bisa terjadi setiap saat, karena penyebabnya bermacam-macam.

Jika terjadi hal semacam ini yang paling pertama harus diketahui adalah cara menanganinya. Jusri Pulubuhu dari Jakarta Devensive Devensive Driving Consultant yang memahami soal kaidah-kaidah safety ini angkat bicara.

Menurutnya ada beberapa hal yang perlu dilakukan saat ada atau melihat motor yang terbakar. Hal ini karena mematikan api pada kendaraan yang terbakar tidak seperti mematikan api biasa.

Bahan bakar yang ada di tangki kendaraan akan membuat api lebih sulit dimatikan. Berikut ini adalah tindakan-tindakan yang perlu dilakukan untuk memadamkan kendaraan terbakar: 

Ilustrasi Kendaraan Terbakar di SPBU
Blog.tribunjualbeli.com
Ilustrasi Kendaraan Terbakar di SPBU

(BACA JUGA: Kenali Risiko Kebakaran di SPBU)

1. Jangan panik
Panik saat terjadi kebakaran akan membuat kita sulit untuk berpikir jernih, tetap tenang dan minta bantuan orang sekitar.

2. Matikan kunci kontak.
Hal ini wajib, karena bila mesin tetap hidup saat motor terbakar, kemungkinan api akan bertambah besar akibat panas mesin.

3. Jauhkan motor dari kendaraan lain.
Jika hal ini memungkinkan, pindahkan motor ke tempat terbuka dan jauh dari kendaraan lain maupun tempat yang mudah terbakar, karena jika ada kendaraan yang terlalu dekat bisa-bisa api merambat.

(BACA JUGA: Mungkinkah Modifikasi Audio Bisa Sebabkan Kebakaran?)

4. Jangan siram dengan air
Jangan langsung menyiram air ke motor yang sedang terbakar karena hal itu sama sekali tidak akan memadamkan apinya. Bisa-bisa api menyebar ke bagian lainnya karena bahan bakar yang terbawa oleh air yang dilempar tadi.

"Air akan mengambang dipermukaan oli/ bensin. Cara ini tidak efektif. Api tidak akan mati," ucap pria yang menjabat sebagai Lead Instructor and Road Safety seperti dikutip dari Motorplus.GridOto.com.

5. Gunakan kain basah
Kain basah bisa menjadi media paling ampuh untuk memadamkan api yang berkobar karena bahan bakar minya bisa terbakar akibat adanya oksigen. Dengan ditutupi menggunakan kain basah, oksigen akan berkurang dan membuat api mati.

Artikel ini sudah tayang di motorplus.gridoto.com dengan judul: Lakukan 5 Hal Ini Jika Kalian Melihat Kendaraan yang Terbakar

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X