Awas, Ini Penyebab Kebakaran Mobil

Aditya Maulana - Selasa, 12 Juli 2016 | 09:07 WIB

Jakarta, Otomania – Pernah melihat mobil terbakar secara tiba-tiba di jalan raya atau tol? Kejadian seperti itu tidak melulu terjadi pada mobil lama, karena keluaran terbaru pun bisa mengalami kasus seperti itu. Lantas apa penyebabnya?

General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi mengutarakan, sebenarnya susah kalau disuruh menebak kenapa mobil tersebut bisa terbakar. Tetapi kebanyakan atau justru hampir semua karena faktor eksternal.

“Seperti modifikasi atau penggunaan, pemasangan suku cadang yang tidak sempurna,” ucap Dadi kepada Otomania belum lama ini.

Salah penggunaan komponen itu, maksud Dadi seperti daya lampu dinaikkan dari standar, sehingga mengakibatkan panas berlebih dan rumah lampu tersebut menjadi terbakar. Pemasangan kepala aki yang kurang kencang atau lampu miring sehingga menyentuh reflektor plastik juga bisa.

“Usia mobil juga sebenarnya mempengaruhi, seperti kabael-kabelnya yang sudah rapuh. Jika masalah pada kabel biasanya gejala awal sering putus dan seingkali orang mengganti sekring dengan yang lebih besar ampernya,” ujar Dadi.

Faktor lainnya, lanjut Dadi bisa juga disebabkan karena ada kain lap yang masih tertinggal di ruang mesin dan jatuh ke exhaust manifold.

“Jika sudah seperti itu, kemungkinan terjadinya kebakaran sangat besar sekali. Jadi sebaiknya hati-hati dan selalu cek kendaraan sebelum mulai jalan,” kata Dadi.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa