Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mungkinkah Modifikasi Audio Bisa Sebabkan Kebakaran?

Stanly Ravel - Senin, 4 September 2017 | 14:05 WIB
Panel dashboard lebih segar dengan AC digital.
KompasOtomotif-Donny Apriliananda
Panel dashboard lebih segar dengan AC digital.

Jakarta, Otomania - Kasus Honda Brio yang tiba-tiba terbakar dalam kondisi diam di Grand Wisata, Bekasi, mengundang banyak perhatian. Terutama mengenai akar masalah penyebab timbulnya api yang hampir melumat habis city car tersebut.

Prediksi awal yang beredar diperkirakan akibat adanya power bank yang masih terhubung dengan lubang pematik listrik (lighter) milik korban, tapi hal itu dibantah oleh Doddy, pemilik mobil, yang menyatakan tidak ada power bank. Bahkan dari penuturan korban dan beberapa saksi, asal api bukan dari dalam kabin, melainkan dari balik kap mesin.

Dari hasil penjabaran yang disampaikan Doddy kepada tim Otomania, dirinya tidak lagi menggunakan mobil sejak Kamis siang (31/8/2017). Kondisi mobil dalam keadaan mati dan mobil didiamkan di carport hingga terjadi kejadian pada pukul 06.00 (1/9/2017), tanpa ada power bank atau AC luar yang diduga menyebabkan kebakaran.

Menariknya, meski Doddy mengatakan tidak melakukan ubahan listrik seperti mengganti lampu, namun Honda Brio yang baru digunakan delapan bulan tersebut sudah mendapat modifikasi head unit dan speaker, logikanya meski diklaim modifikasi audio tahap biasa namun tapi hal tersebut juga berhubungan dengan kelistrikan.

Baca : Tengok Faktor Penyebab Mobil Terbakar


"Kalau dalam kondisi mobil mati, kelistrikan yang sisa itu hanya dinamo starter, alternator, dan aki, tambahan mungkin alarm. Kasus kemarin yang saya baca mobil dalam kondisi standar katanya, tapi kalau memang ada ubahan yang terkait soal kelistrikan bisa bikin terjadinya hubungan arus pendek itu mungkin sekali jadi faktor eksternalnya," ucap Imam Choiri atau akrap disapa Apre pemilik bengkal AP Speed di Kawasan Cipinang, Jakarta Timur kepada Otomania, Senin (4/9/2017).

Instalasi audio sangat erat dengan kelistrikan karena membutuhkan daya dari aki. Pada dasarnya memang tidak ada masalah, tapi dalam penerapannya harus diteliti lebih jeli soal pengambilan sumber tenaga, proses penyambungan kabel, sampai pemasangan sekring.

head unit Vidiq
Stanly/Otomania
head unit Vidiq

"Kuncinya sebenarnya di sekring, jadi mau pasang head unit, atau apapun piranti audio harus ada sekring. Paling bahaya tidak ganti sekring yang sesuai standarnya, ini yang kerap terjadi, belum lagi soal kabel dan lainnya," ucap Wahyu Tanuwidjaja, Direktur dan Pemilik PT. Audioworkshop, saat dihubungi Otomania di waktu yang sama.

Baca : Waspadai Power Bank demi Menghindari Mobil Terbakar

Menurut Wahyu, Kunci utama instalasi audio harus ada sekring di depan, maksimal jarakanya 40 cm dari aki. Hal ini berguna sebagai pelindung ketika terjadi kondisi yang tidak diinginkan.

"Jadi sekringnya dulu yang kena. Untuk kasus Brio kita tidak bisa berandai-andai harus tunggu proses investigasi, tapi yang menarik katanya api keluar dari depan, biasanya karena listrik," kata Wahyu.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa