Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ban Tubeless "Makin Berjodoh" dengan Skutik

Donny Apriliananda - Minggu, 5 November 2017 | 12:08 WIB
Ban tubeless harus dirawat karena harganya enggak murah
Thio Pahlevi
Ban tubeless harus dirawat karena harganya enggak murah
Otomania.com - Jika dulu ban tubeless banyak dipasangkan dengan motor-motor tipe sport, kini tak lagi seperti itu. Pabrikan mulai memasangkannya dengan skutik.
 
Ya, ban tubeless untuk skutik kini lumrah ditemui. Penggunaan ban tanpa karet dalam itu pada skutik kian mengalami peningkatan.
 
Data itu salah satunya bisa ditemui dari jumlah penjualan di sejumlah toko.
 
Mena Selamet, teknisi Proban Motoparts Duren Sawit, Jakarta Timur mengatakan, penjualan ban tubeless untuk skutik bisa mencapai lebih dari 10 pcs per hari.
 
 
"Kalau ban biasa (tube type/dengan ban dalam) paling 5 sampai 7 (pcs)," kata Mena, dikutip dari KompasOtomotif, Jumat (3/11/2017).
 
Dia mengatakan, rata-rata pelanggannya yang mengganti ban tubeles menggunakan skutik, seperti Honda Vario, Beat, Yamaha mio, soul, dan beragam jenis sekelasnya.
 
Bengkel Proban Motoparts Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (3/11/2017).
Fachri Fachrudin
Bengkel Proban Motoparts Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (3/11/2017).
Ia mengatakan, peningkatan jumlah penjualan ban tubeless ini sudah sejak akhir tahun lalu dan terus mengalami peningkatan beberapa bulan belakangan.
 
"Alasannya, katanya (pelanggan) biar praktis. Kan kalau kena paku, ban tubeless enggak langsung bocor, anginnya enggak langsung hilang kecuali (pakunya) dicabut. Kalau ban biasa kan langsung habis anginnya," kata Mena.
 
 
Hal senada diungkapkan oleh Fahrul, teknisi Planet Ban di Pondok Kopi, Jakarta Timur. Ia mengatakan, pihaknya bisa menjual sekitar 10 hingga 12 ban tubeless untuk skutik dalam satu hari. Sementara ban tube type hanya terjual sekitar 3 pcs saja.
 
"Bahkan kadang-kadang sehari enggak keluar (laku) ban biasa," kata Fahrul.
 
Arijanto Notorahardjo, EVP Marketing & Sales Replacement MC Tire PT Gajah Tunggal Tbk sebelumnya juga sudah memprediksi bahwa ke depan, tubeless menjadi favorit bagi pengguna motor dari berbagai model. Sebab, selain praktis, daya tahannya cukup lama.
 
"Kalau bocor tidak perlu beli ban dalam, cukup ditambal atau bisa juga pakai cairan ban yang sekarang ini banyak beredar di pasaran," kata Arijanto di Karawang, Rabu (12/4/2017).

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa