Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ciri-ciri Ban Tubeless Harus Diganti

Aditya Maulana - Kamis, 20 April 2017 | 16:08 WIB
Pelek jari-jari ban tubeless
Stanly/Otomania
Pelek jari-jari ban tubeless

Jakarta, Otomania.com - Ban kendaraan bermotor dibedakan berdasarkan beberapa kriteria. Pertama jenis ban tubetype (dengan ban dalam) dan tubeless (tanpa ban dalam), ada pula ban radial serta ban bias, yang dibedakan berdasarkan konstruksi.

Masing-masing punya keunggulan dan kekurangannya. Kali ini, Otomania.com akan membahas mengenai ciri ban tubeless yang harus diganti.

Dijelaskan Yulfahmi, Technical Manager Motorcycle PT Gajah Tunggal Tbk, ada beberapa faktor. Paling utama, jika terlalu sering ditambal, retak, dan benjol.

"Kalau terlalu sering ditambal, akan membuat daya ban itu sendiri jadi kurang maksimal, karena kemungkinan udara masuk dari luar masih cukup tinggi," ujar Yulfahmi di Karawang, Jawa Barat, belum lama ini.

Ban yang sudah retak atau benjol, dilanjutkan Yulfahmi berbahaya, karena potensi bisa meledak cukup tinggi. Kondisi tersebut kata dia secara keamanan juga tidak baik.

"Jadi sifatnya hanya sementara saja kalau ban itu kebanyakan ditambal. Harusnya langsung diganti saja," kata dia.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa