Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tol Jasa Marga Resmi Tolak Transaksi Tunai, Begini Situasinya

Donny Apriliananda - Rabu, 1 November 2017 | 11:08 WIB
Transaksi non-tunai menggunakan kartu e-toll cuma butuh waktu 2-3 detik
(GARRY ANDREW LOTULUNG/Kompas.com)
Transaksi non-tunai menggunakan kartu e-toll cuma butuh waktu 2-3 detik

Otomania.com - Sejak kemarin, Selasa (31/10/2017), PT Jasa Marga Persero Tbk, resmi menerapkan transaksi 100 persen non tunai di seluruh ruas jalan tol.

Pada hari pertama pelaksanaan, arus lalu lintas di Gerbang Tol Jabodetabek dan luar Jabodetabek terpantau ramai lancar. Bahkan, pantauan Otomania.com, beberapa ruas cenderung sepi.

Kendati demikian, sebagai antisipasi mengurangi antrean panjang, Jasa Marga berupaya melakukan standar operation procedure (SOP). Para petugas operasional disiagakan guna kelancaran di tiap gerbang tol.

Para petugas juga dikerahkan guna melakukan sosialisasi dan edukasi kepada pengguna jalan tol terkait sistem pembayaran non tunai serta membantu pengguna yang masih mengalami kendala saat melakukan tapping.

Baca Juga: Coba Alat Ini, Bayar Tol Tanpa Menghentikan Laju Mobil

Direktur SDM dan Umum Jasa Marga Kushartanto Koeswiranto, menjelaskan adanya petugas membuktikan penerapan pembayaran non tunai tidak berdampak pada pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Para petugas operasional masih bekerja seperti biasa di gerbang-gerbang tol untuk membantu kelancaran transaksi. Selain itu, selama masa transisi ini, Gardu Semi Otomatis (GSO) masih dioperasikan oleh petugas pengumpul tol," ujar Koeswiranto yang dikutip dari halaman resmi Jasa Marga.

Sebelumnya, Herry Trisaputra Zuna, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ) PT Jasa Marga Persero Tbk, juga menjelaskan akan ada petugas yang berjaga untuk membantu kelancaran tiap transaksi non tunai.

"Kita siapkan petugas di tiap pintu. Mereka akan memberikan bantuan, bila pengguna tidak punya kartu akan ada petugas yang menjual, jadi wajib punya kalau mau lewat tol," ucap Herry beberapa waktu lalu.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa