Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Coba Alat Ini, Bayar Tol Tanpa Menghentikan Laju Mobil

Donny Apriliananda - Selasa, 31 Oktober 2017 | 17:45 WIB
Transaksi tol menggunaka OBU
Transaksi tol menggunaka OBU

Otomania.com - Membayar Tol tanpa harus berhenti dan membuka kaca jendela sebenarnya sudah diterapkan di Indonesia. Beberapa operator jalan Tol, salah satunya PT Jasa Marga (Persero) Tbk, sudah menyediakan On Board Unit (OBU) atau lebih dikenal dengan e-Toll Pass.

Metode seperti itu bisa menjadi pilihan buat pengguna Tol di Indonesia. Sebab, setelah 31 Oktober 2017 tidak ada lagi transaksi menggunakan uang tunai, semuanya harus pakai uang elektronik dengan kartu e-Money.

Dijelaskan Direktur Operasional II Jasa Marga Subakti Syukur, gardu OBU memang masih belum banyak, tetapi ke depan bisa dipastikan menyebar di beberapa ruas Tol Jasa Marga.

"Persentasenya hanya empat persen dari total pengguna e-toll, yaitu 36 persen," kata Subakti saat ditemui Otomania.com di kantor Jasa Marga, belum lama ini.

Subakti menjelaskan bagaimana cara menggunakan OBU. Bagi yang sudah memiliki alatnya, ketika mau masuk gardu kecepatan mobil minimal 20 kpj dan maksimal 40 kpj.

"Tetapi kita sarankan 20 kpj saja, karena masih ada palangnya," ucap Subakti.

Sementara itu, ketika mobil sudah berjarak dua hingga lima meter alat pembaca (reader) di OBU akan membaca perangkat di dalam mobil, kemudian palang terbuka dan mobil bisa kembali melanjutkan perjalanan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa