Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kendaraan Jarang Dipakai, Jangan Harap Aki Awet

Donny Apriliananda - Senin, 30 Oktober 2017 | 12:35 WIB
Lakukan cek kondisi aki mobil secara turin untuk mengatehui kondisinya, aki mobil bermasalah bisa me
Lakukan cek kondisi aki mobil secara turin untuk mengatehui kondisinya, aki mobil bermasalah bisa me

Otomania.com - Mobil atau sepeda motor jarang dipakai tidak menjamin umur aki lebih awet. Justru sebaliknya, aki akan mudah tekor atau soak saat mesin dihidupkan.

Alasannya, tidak ada siklus pengisian ulang yang biasa terjadi saat mesin hidup atau ketika berjalan pada aki. Umumnya cara ini diakali dengan memanaskan mesin sesekali waktu, tapi itu pun, dalam praktiknya masih banyak yang salah.

Sahrudin, Technical Advisor-Quality Assurance Astra Otoparts, mengatakan bahwa untuk membuat aki tetap bisa bekerja maksimal pada mobil dan motor yang jarang digunakan tidak hanya cukup dengan modal memanaskan mesinnya saja.

"Kalau memanaskan mobil tidak efektif dalam kondisi diam dengan putaran mesin (RPM) langsam. Paling baik itu kendaraan harus dibawa jalan agar proses pengisian berlangsung maksimal," ucap Sahrudin.

Memanaskan mobil dalam kondisi diam di tempat tidak cukup maksimal mendorong pengisian arus listrik ke aki. Hal ini disebabkan tekanan rpm yang kurang tinggi.

Agar maksimal, mau tidak mau pemilik mobil harus sedikit menekan pedal gas agar tekanan RPM bisa naik dan proses pengisian berjalan sempurna. Namun bila dilakukan di tempat, terutama di dalam garasi akan sangat berbahaya karena menimbulkan polusi.

"Lebih baik di bawa jalan sebentar, agar RPM bisa tercapai di untuk membuat arus listrik ke aki maksimal. Paling ideal itu di atas 2.000 RPM," ucap Sahrudin.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa