Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Beli Mobil di Pelelangan, Jangan Harap Test Drive

Donny Apriliananda - Kamis, 26 Oktober 2017 | 08:25 WIB
Lelang mobil impor sitaan Bea dan Cukai Banda Aceh dilakukan hari Selasa (24/10/2017) secara online
Kompas.com
Lelang mobil impor sitaan Bea dan Cukai Banda Aceh dilakukan hari Selasa (24/10/2017) secara online

Otomania – Biasanya, saat beli mobil, test drive penting sebelum membeli mobil bekas untuk mengetahui kondisi sebenarnya. Tapi di pelelangan, jangan harap ini bisa dilakukan.

Umumnya, balai lelang memberikan waktu sebelum pelelangan dimulai buat masyarakat melihat langsung kondisi mobil yang diincar.

Misalnya di Balai Lelang mobil terbesar di Indonesia, Ibid, menggelar open house selama tiga hari sebelum pelelangan.

Daddy Doxa Manurung, Chief Operation Officer Ibid mengatakan waktu open house harus benar-benar dimanfaatkan mengecek kondisi mobil yang diincar. Menurutnya, test drive tidak diberikan karena keterbatasan ruang dan waktu.

“Karena kalau kami buka itu (test drive), kami meladeni berapa ratus orang? Kami punya sekian ratus mobil. Sepertinya satu pekan juga enggak akan cukup,” kata Daddy, di Jakarta, Rabu (25/10/2017).

kendati demikian, tim penaksir harga (appraisal) dari Ibid sudah melakukan pengecekan menyeluruh menggunakan sistem digital pada tiap mobil yang masuk ke balai lelang. Rapor kondisi mobil ditempel di kaca depan agar bisa dilihat semua orang.

Meski tanpa test drive, masyarakat yang datang saat open house, kata Daddy, diizinkan membuka kap mesin, masuk ke kabin, dan menyalakan mesin.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa