Kelak Bus dan Angkot Tak Bisa Ngebut Lagi

Donny Apriliananda - Sabtu, 21 Oktober 2017 | 12:00 WIB
Angkot di Jakarta akan dibatasi kecepatannya.
Angkot di Jakarta akan dibatasi kecepatannya.

Otomania.com - Peranti elektronik ke depan akan sangat membantu polisi bekerja. Seperti yang mulai digalakkan Polda Metro Jaya yang sedang mengembangkan efektivitas kerja dibantu perlengkapan elektronik.

Selain kepengurusan SIM elektonik, tilang elektronik, dan tilang CCTV, pihak Polda Metro Jaya juga mengatakan ingin angkutan umum dilengkapi pembatas kecepatan elektronik.

Sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2015 Tentang Tata Cara  Penetapan Batas Kecepatan Pasal 3, kecepatan maksimal kendaran 100 kpj di jalur bebas hambatan dan 80 kpj di jalan antarkota.

“Nanti kami rencanakan, untuk kendaraan-kendaraan, misalnya bus, itu dikunci kecepatannya sampai 80 kpj (dengan alat elektronik), ucap Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Halim Pagarra, di Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Wacana pembatasan kecepatan angkutan umum itu sejalan dengan arah Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya yang mulai menertibkan pelanggaran kecepatan kendaraan di jalan tol menggunakan perangkat elektronik speed gun.

Bukan cuma di jalur bebas hambatan, speed gun juga bisa digunakan di jalan-jalan perkotaan. Tujuan besarnya, kata Halim, yaitu menciptakan meningkatkan keselamatan di jalan raya. 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa