Cara Benar Pasang Cairan Pelapis Ban

Aditya Maulana - Minggu, 20 Agustus 2017 | 09:35 WIB
Pelek jari-jari ban tubeless
Stanly/Otomania
Pelek jari-jari ban tubeless

Tangerang, Otomania.com - Pengguna mobil atau sepeda motor kini banyak yang melapisi ban dengan cairan khusus. Tujuannya, agar tidak mudah kempis ketika ban terkena paku atau benda tajam lain di jalan raya.

Merek yang menjual cairan seperti itu juga sudah cukup banyak. Namun, masalahnya terkadang masih ada yang belum tahu bagaimana cara menggunakan yang benar. Ternyata, memasang cairan itu ada aturan pasangnya. Sehingga, tidak sembarangan.

Menurut Tri Saputra, General Manager PT Sinar Alam Abadijaya yang memasarkan cairan pelapis ban merek M-One, pengaplikasian untuk motor memerlukan waktu 1 jam, sedangkan mobil 1,5 jam.

"Tidak sembarangan, jadi setelah dipasang harus ditunggu sampai 1 jam hingga 1,5 jam. Setelah itu ban boleh dijalankan," kata Tri di ICE, BSD, Tangerang belum lama ini.

Tri menyarankan, setelah dipasang cairan pelapis ini ban tetap di spooring dan balancing, karena untuk menjaga kestabilan. Mengisi udara, bisa menggunakan jenis biasa atau nitrogen.

"Jadi mobil tetap stabil meskipun berjalan dalam kecepatan tinggi," kata dia.

M-One di GIIAS 2017 juga meluncurkan produk baru, yaitu M-One New Generation yang terbuat dari silikon sehingga mampu melindungi ban secara maksimal.

"Sudah kami buktikan melalui pengujian dengan menggunakan motor dan mobil untuk melindas paku dan pisau dengan ukuran 3,5 cm dan ban tidak mengalami kebocoran dan perubahan tekanan angin yang signifikan," ujar Tri.

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X