Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Biker Gaek Tempuh 5.000 Km Lintasi Indonesia

Setyo Adi Nugroho - Minggu, 6 Agustus 2017 | 08:05 WIB
Freddy Soemitro touring menuju Timor Leste
REI
Freddy Soemitro touring menuju Timor Leste

Jakarta, Otomania.com – Berkendara dan berpetualang selalu jadi kegemaran Freddy Soemitro. Rider senior berusia 60 tahun ini baru-baru ini berhasil menyelesaikan petualangannya dari Cikampek menuju Timor Leste.

Perjalanan yang dilakukan sekitar tahun lalu, tepatnya dari 15 Agustus sampai 2 September tersebut mengambil tajuk “Ride into the Sunrise”. Freddy memilih Royal Enfield Classic 500 untuk perjalanan menjelajah Indonesia ini bersama rekan-rekannya sesama petualang.

“Dengan performa mesin dan ketahanannya yang baik, saya dapat memacu kecepatan hingga 120 kilometer per jam dengan manuver yang masih terasa ringan dan nyaman. Perjalanan dengan total jarak 5,800 kilometer ini merupakan salah satu pengalaman riding yang tidak terlupakan bagi saya,” ucap Freddy dalam keterangan resmi.

Beberapa kota yang dilalui Freddy antara lain Solo, Malang, Batu, Bali, Mataram, Labuhan Bajo, Bajawa sampai ke Maumere. Di sini ia bertemu dengan kabut disertai hujan yang cukup tebal sehingga memutuskan berhenti di Ende karena perjalanan dihadang longsor.

Setelah sampai di Maumere, Freddy melanjutkan perjalanan ke Larantuka untuk kemudian menyebrangkan motor menggunakan kapal ke Kupang. Setelah dijamu dengan komunitas motor Kupang, rombongan bergerak menuju Atambua.

Menempuh jarak 270 kilometer dengan jalan berbukit yang menantang serta lampu jalan yang minim membuat berkendara harus lebih hati-hati. Disini Freddy dan rombongan sempat tersesat menuju arah perbatasan yang salah.

“Kami tersesat dan masuk wilayah Oecusee. Kami dihadang pihak berwajib sempat bersitegang. Kami mengalah dan berputar arah menuju Atambua dan akhirnya tiba di Timor Leste,” ucap Freddy.

Setelah puas menjelajah kota Dili, ibukota Timor Leste, Freddy pun kembali pulang ke Jakarta. Sebagai seorang rider senior, Freddy sudah pernah merasakan turing ke Eropa, Himalaya hingga Selandia Baru, namun sensasi berkendara di Indonesia tetap menjadi rute unggulan dengan hamparan panorama keindahan sepanjang perjalanan.

Freddy Soemitro touring menuju Timor Leste
REI
Freddy Soemitro touring menuju Timor Leste

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa