Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Bekas Dijual, Asuransinya Bisa Hangus

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 2 Agustus 2017 | 08:25 WIB
Mobil bekas rental Blue Bird
Stanly/Otomania
Mobil bekas rental Blue Bird

Sumbawa Besar, Otomania.com – Calon konsumen mobil bekas kerap melihat berbagai penawaran dari penjual. Hal yang ditawarkan antara lain status kredit kendaraan, mesin, dan fisiknya.

Salah satu yang kerap ditemui adalah penawaran kendaraan dengan menyertakan produk asuransi yang menyertai mobil tersebut. Misal, merek A dijual dengan harga Rp 500 juta, baru dua tahun jalan, km rendah termasuk asuransi B. Banyak yang belum memahami hal ini.

“Perjanjian asuransi intinya antara individu A dengan perusahaan asuransi. Itu tidak bisa dipindah tangankan, terlebih diikutkan dalam penjualan mobil,” ucap Laurentius Iwan Pranoto, Head of Communication & Event Asurani Astra, Selasa (1/8/2017).

Menurut Iwan, ketika produk mobil tersebut sudah berpindah kepemilikan, maka perjanjian asuransi yang menyertainya pun ikut berakhir. Tanpa perkecualian.

Selama ini konsumen banyak yang tidak memahami, meski asuransi dan perusahaan leasing kredit kendaraan bekerja sama, perjanjian asuransi hanya berlaku pada individu pemilik. Apabila pemilik baru ingin mendapatkan asuransi maka ia harus mendaftarkan terlebih dahulu.

“Untuk itu diharapkan juga peran aktif pemegang asuransi untuk melaporkan perubahan data kepada pihak asuransi. Ini agar ke depannya tidak ada kesulitan saat pengajuan klaim,” ucap Iwan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa