Bikers, Jangan Pernah Lupakan Helm

Aditya Maulana - Selasa, 18 Juli 2017 | 08:45 WIB
Petugas kepolisian mengedukasi cara menggunakan helm yang benar pada kampanye Gerakan Tertib Berlalu Lintas (GATEL) Otomania di pertigaan Kalibata
Otomania
Petugas kepolisian mengedukasi cara menggunakan helm yang benar pada kampanye Gerakan Tertib Berlalu Lintas (GATEL) Otomania di pertigaan Kalibata

Jakarta, Otomania.com - Masih banyak pengguna sepeda motor yang tidak menggunakan helm ketika berkendara di jalan. Padahal dampaknya cukup fatal jika terjadi kecelakaan, tidak ada perlindungan di kepala.

Alhasil, kepala bisa langsung membentur dengan aspal atau benda keras lainnya. Jika pakai helm, setidaknya mampu meminimalisir terjadinya fatalitas kecelakaan.

Mungkin masih banyak yang belum tahu kalau mengunakan helm itu wajib. Sebab, secara hukum sudah tertuang dalam undang-undang no.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Pasal 57 ayar (1) jo ayat (2) menyebutkan bahwa setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi dengan perlengkapan kendaraan bermotor.

Perlengkapan sebagaimana dimaksud, yaitu berupa helm standar nasional Indonesia (SNI). Sementara pasal 106 ayat (8) menyebutkan setiap orang yang mengemudikan sepeda motor dan penumpang wajib mengenakan helm yang memenuhi SNI.

Apabila melanggar, ancaman atas pelanggaran tersebut diatur dalam Pasal 291 UU No. 22/2009 yang berbunyi :

(1) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor tidak mengenakan helm standar nasional Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (8) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

(2) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor yang membiarkan penumpangnya tidak mengenakan helm sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (8) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa