Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aturan Lalu Lintas Jangan Pandang Bulu

Stanly Ravel - Kamis, 25 Agustus 2016 | 13:35 WIB

Jakarta, Otomania - Selain edukasi, penanaman etika juga sangat penting dilakukan dalam berlalu lintas. Dengan prilaku etika yang baik diklaim bisa menciptakan ketertiban dan rasa saling menghormati antar pengguna jalan.

Pakar pendidikan dan Guru Besar Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Arief Rachman, menjelaskan dengan adanya pendidikan karakter akan membangun sikap peduli dan bertindak berdasarkan nilai dasar etika.

"Meski dalam keadaan terdesak pengguna jalan akan tetap mengedepankan etika. Tertib lalu lintas adalah etika yang wajib ditanamkan terkecuali dalam kondisi tertentu. Contoh masuk jalur Transjakarta karena ada orang sakit," kata Arief di seminar pendidikan HUT ke-61 Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Rabu (24/8/2016).

Dalam pelaksanaan berlalu lintas, menurut Arief etika harus dibangun untuk menciptakan keadilan yang rata. Tidak boleh ada pengelompokan atau diimplementasikan dari kelas, jabatan, serta ekonomi masyarakat.

Bila etika dijalankan secara tidak adil dan tidak merata, melalui pengelompokan kelas tidak akan berjalan dengan baik.

"Contoh murid saya yang jadi menteri bisa masuk jalur Transjakarta, sedangkan saya yang mau ketemu dia kena macet. Enak betul ya jadi menteri. Harusnya jangan tawar menawar dalam menegakan disiplin berlalu lintas," ujar Arief.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa