Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal “Engine Brake”, Beda dengan Turun Gigi

Febri Ardani Saragih - Selasa, 4 Juli 2017 | 17:42 WIB
Ilustrasi mobil saat turunan
Stanly/Otomania
Ilustrasi mobil saat turunan

Jakarta, Otomania.com – Ada berbagai cara untuk memperlambat laju kendaraan selain menggunakan sistem pengereman, salah satunya memanfaatkan kemampuan mesin atau yang dikenal dengan sebutan engine brake.

Momen engine brake pada mesin bensin berarti ketika pedal gas dilepas maka pasokan udara dan bahan bakar berkurang drastis. Tanpa kedua suplai itu piston masih bergerak namun bukan karena pembakaran melainkan momentum sistem gerak.

Karena kerja mesin melambat maka timbul energi berlawanan dengan arah kecepatan mobil. Akhirnya kecepatan mobil berkurang.

Keliru

Banyak orang menganggap engine brake merupakan clutch braking atau aktivitas mengurangi kecepatan dengan cara menurunkan gigi transmisi. Hal itu tidak sepenuhnya salah, hanya saja perlu diperjelas teknik clutch braking dilakukan saat engine brake untuk mempercepat perlambatan mobil.

Engine brake itu karena perubahan putaran mesin. Dibanding memakai rem yang menghabiskan kampas, engine brake bisa dilakukan misalnya saat di jalan tol dengan kecepatan tinggi, ujar kata Arifani Perbowo, Logostic and Production General Manager Kia Mobil Indonesia, Selasa (4/7/2017). 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa