Sopir Tidak Waspada Jadi Penyebab Kecelakaan

Aditya Maulana - Jumat, 30 Juni 2017 | 13:35 WIB
Ilustrasi kecelakaan motor
gas2.org
Ilustrasi kecelakaan motor

Jakarta, Otomania.com - Jumlah kecelakaan lalu lintas pada hari pertama Lebaran 2017 mengalami penurunan 13 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Namun, faktor utama disebabkan oleh kelalaian pengemudi kendaraan bermotor.

Berdasarkan data yang dirilis Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana, Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri, faktor kelalaian terbagi menjadi empat kategori. Pertama tertidur atau kelelahan, tidak waspada, lalai saat mundur, dan terakhir gagal menjaga jarak aman.

Namun, dari keempat faktor itu yang paling mendominasi, yaitu ketidakwaspadaan terjadap lalu lintas dari depan dan gagal menjaga jarak aman.

Sepanjang Lebaran pertama 2016 tercatat 34 kejadian, sedangkan tahun ini 26 kasus. Sementara lalai menjaga jarak aman pada 2016 terkumpul 18 orang, dan 2017 sembilan orang.

Selama mengemudikan kendaraan bermotor, diharapkan pada pengemudi harus selalu waspada dan berkonsentrasi penuh. Bukan hanya itu, sopir juga diwajibkan mengikuti peraturan serta rambu lalu lintas yang berlaku.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa