Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pahami Gejala Kelelahan pada Pengemudi

Aris F Harvenda - Rabu, 28 Juni 2017 | 16:02 WIB
Pengemudi diduga mengantuk, mobil pemudik mengalami kecelakaan tunggal di kilometer 47.600 A ruas tol Bawen-Salatiga, Kamis (22/6/2017) pukul 09.30 WIB.
dok.satlantas-res_semarang
Pengemudi diduga mengantuk, mobil pemudik mengalami kecelakaan tunggal di kilometer 47.600 A ruas tol Bawen-Salatiga, Kamis (22/6/2017) pukul 09.30 WIB.

Jakarta, Otomania.com — Salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas adalah pengemudi yang kelelahan. Solusi paling tepat hanya satu, yaitu beristirahat. Namun pada praktiknya, banyak pengemudi yang tidak sadar kalau dirinya ternyata sudah mulai lelah.

Pada kondisi fit, menempuh perjalanan dengan lalu lintas padat, cukup menguras tenaga pengemudi. Lembaga pelatihan keterampilan mengemudi, Real Driving Centre (RDC), menjelaskan beberapa tanda-tanda pengemudi mulai kelelahan.

1. Susah membuka mata
2. Sulit menjaga kepala tetap tegak
3. Tidak dapat berhenti menguap
4. Berangan-angan
5. Tidak ingat jalan yang dilalui
6. Sering bermanuver untuk mengembalikan kendaraan ke jalur yang benar
7. Sering mempercepat dan memperlambat laju kendaraan

Selain melelahkan, perjalanan panjang kerap membuat bosan.
THINKSTOCKPHOTOS
Selain melelahkan, perjalanan panjang kerap membuat bosan.

Istirahat sejenak (10-15 menit) sangat berharga, dan masih lebih baik dibanding memaksakan tubuh dengan menyuplai suplemen atau kafein. Rasa lelah bukan untuk dihindari karena cepat atau lambat kemampuan optimal tubuh pasti mereda.

Marcel, instruktur RDC, mengungkapkan, kecelakaan lebih sering terjadi jelang sampai tujuan. “Penyebabnya tetap kelelahan yang tertutup kepercayaan diri tinggi dan rasa senang sudah mau tiba di lokasi. Konsentrasi menurun jadi sering kali lengah,” jelas Marcel.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa