Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Petuah Dirjen Perhubungan buat Pemudik

Aditya Maulana - Jumat, 23 Juni 2017 | 23:25 WIB
Pemudik antre menunggu masuk ke kapal Ro-Ro saat puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat (23/6/2017). Pelabuhan Merak menargetkan 1.438.550 orang akan menyeberangi lintasan Merak-Bakauheni selama Lebaran tahun ini.
KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO
Pemudik antre menunggu masuk ke kapal Ro-Ro saat puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat (23/6/2017). Pelabuhan Merak menargetkan 1.438.550 orang akan menyeberangi lintasan Merak-Bakauheni selama Lebaran tahun ini.

Jakarta, Otomania.com - Pemudik yang menggunakan alat transportasi umum atau kendaraan pribadi diharapkan selalu bersikap hati-hati selama di perjalanan. Direktur Jendral (Dirjen) Perhubungan Darat Pudji Hartanto pun ikut memberikan himbauan.

Menurut dia, pemudik khususnya pengemudi kendaraan bermotor harus menjalankan 3 siap. Pertama, siap mentaati peraturan, kedua siap kondisi pengemudi, dan siap kondisi kendaraan.

Siap mentaati peraturan, dijelaskan Pudji selama diperjalanan wajib mengikuti larangan dan arahan dari petugas atau rambu lalu lintas. Kemudian, siap kondisi pengemudi, artinya sopir harus dalam kondisi sehat.

Terakhir, siap kendaraan yang artinya mobil atau kendaraan jenis lainnya dalam kondisi normal, tidak mengalami masalah sedikit pun.

"Semuanya, khusus buat pengemudi wajib menjalankan 3 siap seperti itu. Sebab itu sudah menjadi jaminan bahwa bisa selama di jalan," kata Pudji di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Kamis (22/6/2017).

Pudji menyarankan, 3 siap itu tidak hanya dijalankan ketika mudik Lebaran saja, tetapi setiap mengemudikan kendaraan bermotor wajib seperti itu.

"Coba saja salah satu dari tiga itu dilanggar, pasti tidak akan selamat di jalan," ucap dia.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa