Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mudik Pakai Motor, Manfaatkan Tempat Istirahat

Febri Ardani Saragih - Jumat, 2 Juni 2017 | 12:05 WIB
Pemudik sepeda motor mengangkut ayam dalam perjalanannya menuju Jakarta seperti terlihat di Jalur Pantura, Kecamatan Kandanghaur, Indramayu, Jawa Barat, Jumat (1/8/2014).
KOMPAS / FERGANATA INDRA RIATMOKO
Pemudik sepeda motor mengangkut ayam dalam perjalanannya menuju Jakarta seperti terlihat di Jalur Pantura, Kecamatan Kandanghaur, Indramayu, Jawa Barat, Jumat (1/8/2014).

Jakarta, Otomania.com – Walau sudah dilarang dan jelas berbahaya, masih banyak warga mudik menggunakan sepeda motor. Pihak Kementerian Perhubungan dan Kepolisian memahami hal itu makanya sepanjang jalur mudik tahun ini bakal banyak disediakan posko mudik yang bisa berperan lokasi istirahat.

Pandu Yunianto, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Darat Direktorat Jendral Perhubungan Darat Kemenhub menjelaskan, selama momen mudik sebagian besar kendaraan komersial seperti truk tidak boleh beroperasi. Jadi jembatan timbang bisa disediakan sebagai posko mudik, untuk tempat istrirahat sekaligus penjualan bahan bakar kemasan dari Pertamina.

Pemudik motor istirahat di  rest area di kawasan Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (25/7/2014). Puncak arus mudik Lebaran diperkirakan terjadi antara Jumat dan Sabtu ini.
KOMPAS IMAGES / KRISTIANTO PURNOMO
Pemudik motor istirahat di rest area di kawasan Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (25/7/2014). Puncak arus mudik Lebaran diperkirakan terjadi antara Jumat dan Sabtu ini.

“Sehingga masyarakat yang bersepeda motor tidak harus ke SPBU, ini untuk mengurangi antrean,” ucap Pandu saat diskusi “Menengok Kesiapan Mudik Lebaran 2017” yang digelar Universitas Pertamina di Jakarta, Rabu (31/5/2017).

Dalam diskusi yang sama, Kepala Bidang Manajemen Operasional dan Rekayasa Lalu Lintas Korlantas Polri Kombes Pol Darto Juhartono, menambahkan, masih banyak masyarakat yang mengidolakan sepeda motor sebagai kendaraan mudik.

Ribuan pemudik sepeda motor melintasi jalur Cilamaya- Cikalong, Karawang, Jawa Barat, menuju Jalur Pantura ke arah Jawa Tengah memasuki H-3 saat puncak mudik Lebaran 2014, Jumat (25/7/2014). Pemerintah memperkirakan mereka yang menggunakan sepeda motor pada mudik tahun ini sebanyak 2 juta lebih.  Kompas/Rony Ariyanto Nugroho (RON) 25-07-2014
RONY ARIYANTO NUGROHO
Ribuan pemudik sepeda motor melintasi jalur Cilamaya- Cikalong, Karawang, Jawa Barat, menuju Jalur Pantura ke arah Jawa Tengah memasuki H-3 saat puncak mudik Lebaran 2014, Jumat (25/7/2014). Pemerintah memperkirakan mereka yang menggunakan sepeda motor pada mudik tahun ini sebanyak 2 juta lebih. Kompas/Rony Ariyanto Nugroho (RON) 25-07-2014

“Karena masyarakat menghendaki, kami menyiapkan rest area buat sepeda motor di jalur arteri. Ada 19 yang utama, dari Kemenhub semua jembatan timbang jadi rest area, bukan hanya itu, bahkan kantor TNI dan polisi juga bisa jadi tempat singgah,” ucap Darto.

Istirahat teratur saat berkendara motor bisa menjaga tubuh biker tetap prima selama berkendara jarak jauh. Badan bugar berkendara menjaga konsentrasi yang mendukung keselamatan.

“Ini salah satu upaya kita mengurangi angka kecelakaan lalu lintas yang disebabkan pengmudi sepeda motor,” kata Darto.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa