Sesuaikan Jadwal, Ini Prediksi Puncak Arus Mudik

Febri Ardani Saragih - Kamis, 1 Juni 2017 | 08:35 WIB
Ribuan pemudik sepeda motor melintasi jalur Cilamaya- Cikalong, Karawang, Jawa Barat, menuju Jalur Pantura ke arah Jawa Tengah memasuki H-3 saat puncak mudik Lebaran 2014, Jumat (25/7/2014). Pemerintah memperkirakan mereka yang menggunakan sepeda motor pada mudik tahun ini sebanyak 2 juta lebih.  Kompas/Rony Ariyanto Nugroho (RON) 25-07-2014
RONY ARIYANTO NUGROHO
Ribuan pemudik sepeda motor melintasi jalur Cilamaya- Cikalong, Karawang, Jawa Barat, menuju Jalur Pantura ke arah Jawa Tengah memasuki H-3 saat puncak mudik Lebaran 2014, Jumat (25/7/2014). Pemerintah memperkirakan mereka yang menggunakan sepeda motor pada mudik tahun ini sebanyak 2 juta lebih. Kompas/Rony Ariyanto Nugroho (RON) 25-07-2014

Jakarta, Otomania.com – Tahun ini Lebaran diprediksi jatuh pada tanggal 25 Juni dan 26 Juni. Sama seperti pada 2012 lalu, dua hari libur Lebaran tahun ini bertepatan hari Minggu dan Senin.

Berdasarkan keterangan banyak pihak, arus puncak mudik pada tahun ini diperkirakan bakal terjadi pada H-2 atau berarti 23 Juni (Jumat) dan 24 Juni (Sabtu). Saat itu bisa dipastikan kondisi jalanan keluar Jakarta sangat ramai kendaraan, kebalikannya kondisi di Jakarta bakalan sepi.

Berbagai pihak yang berkaitan dengan layanan publik terus beradaptasi dan melakukan perbaikan setiap tahun mengatasi masalah yang terjadi selama mudik. Misalnya, Kereta Api Indonesia, sudah menambah kapasitas angkut penumpang dan motor, serta Pertamina semakin banyak menyediakan layanan Bahan Bakar Minyak (BBM) bergerak untuk menghampiri kendaraan yang terjebak macet.

Puncak arus balik tahun ini diperkirakan terjadi pada akhir pekan setelah Lebaran. Itu berarti pada H+5 dan H+6 yang berarti pas tanggal 1 Juli (Sabtu) dan 2 Juli (Minggu).

Masa libur sekolah berakhir pada 8 Juli 2017 yang berarti masuk sekolah pada pekan kedua setelah Lebaran. Hal itu dipercaya bisa bikin arus balik terurai. 


Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa