Komparasi 4 Jenis Oktan BBM

Aris F Harvenda - Senin, 29 Mei 2017 | 11:35 WIB
Ilustrasi SPBU.
KOMPAS.com/Nursita Sari
Ilustrasi SPBU.

Jakarta, Otomania.com - Di Indonesia ada 5 pilihan bensin yang beredar berdasarkan angka oktan (RON : Research Octane Number). Ada RON 88, 90, 92, 95, dan 98.

Kendati demikian, kelima jenis bensin tersebut tidak dijual oleh satu merek dagang yang saat ini eksis di Tanah Air. Pertamina menjual Premium (88), Pertalite (90), Pertamax (92) dan Pertamax Turbo (98). Sementara Shell punya Super (92) dan V Power (95). Sedangkan Total menjual 92 dan 95.

Awak redaksi coba mengomparasi jenis bensin berdasarkan tingkat RON. Hanya saja uji coba kali ini tidak mengikutsertakan Premium. Selain alasan bersubsidi, Premium sudah tidak lagi sesuai dengan spesifikasi mobil-mobil baru yang saat ini ada.

[Baca : Memahami Jenis BBM yang Sesuai dengan Spek Mobil]

Jeriken yang digunakan untuk bensin cadangan
Otomania
Jeriken yang digunakan untuk bensin cadangan
Ketidaksesuaian penggunaan bahan bakar apalagi dengan spesifikasi yang lebih rendah, akan menimbulkan gejala negatif. Boros jadi efek yang langsung terasa. Selain itu dalam jangka panjang akan merusak beberapa komponen mesin.

Nah, pengujian kali ini lebih mengedepankan sisi efisiensi yang dihasilkan tiap-tiap jenis bahan bakar minyak (BBM). Selain kilometer per liter yang menjadi hasil tes, kami juga menyajikan nilai ekonomis penggunaannya.

Ikuti terus artikel komparasi rekdaksi...

Editor :

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa