Alat Uji Komparasi 4 Jenis Oktan BBM

Aris F Harvenda - Senin, 29 Mei 2017 | 11:34 WIB
Datsun Go+ Panca menjadi sarana komparasi 4 jenis oktan BBM
Otomania
Datsun Go+ Panca menjadi sarana komparasi 4 jenis oktan BBM

Jakarta, Otomania.com - Kali ini awak redaksi menggunakan sarana mobil untuk melakukan tes 4 jenis oktan bensin. Mobil terpilih adalah Datsun Go+ Panca yang masuk dalam proyek mobil murah (LCGC : Low Cost Green Car). Pada tes kali ini redaksi menggunakan 2 unit Go+ Panca.

Datsun Go+ Panca memiliki bobot kosong 812 kg yang menggendong mesin HR12DE, 1.198 cc, tenaga 68 tk dan torsi 104 NM. Varian yang digunakan adalah Go+ T, transmisi manual 5 percepatan dengan lingkar pelek diameter 13 inci. Ban yang digunakan 155/70 R13.

Bensin

Tes kali ini melibatkan 2 merek besar, Pertamina dan Shell. Kami tidak mengomparasi keduanya melainkan menggunakan jenis bensin yang mereka miliki sesuai kriteria.

Gelas ukur digunakan agar volume bensin yang dimasukkan ke tangki lebih presisi
Otomania
Gelas ukur digunakan agar volume bensin yang dimasukkan ke tangki lebih presisi

Untuk jenis oktan 90 awak redaksi menggunakan Pertalite karena hanya Pertamina yang memiliiki jenis tersebut. Begitu pula dengan Pertamina Pertamax Turbo untuk RON 98. Sementara untuk RON 95 kami memakai Shell V Power dan untuk RON 92 diwakili oleh Pertamina Pertamax.

Alat uji

Peralatan penunjang untuk komparasi ini cukup sederhana. Jeriken khusus bensin berukuran 10 liter untuk cadangan, gelas ukur kapasitas 1 liter dan corong bensin. Sebagai pencatat kecepatan rata-rata dan waktu tempuh menggunakan race logic.

Editor :

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa