Ciri Pelumas Mesin Motor Palsu

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 18 Mei 2017 | 07:55 WIB
Ilustrasi Pelumas.
www.onallcylinders.com
Ilustrasi Pelumas.

Jakarta, Otomania.com - Pelumas mesin pada sepeda motor memiliki peran penting untuk kerja motor. Pelumas akan melindungi mesin dari panas berlebih serta melumasi gerak komponen di dalamnya.

Sayangnya saat ini masih ditemui berbagai macam pelumas palsu dari berbagai merek yang digunakan di pasaran. Konsumen yang tidak awas jadi korban, motor pun ikut rusak.

Untuk itu konsumen perlu lebih teliti memastikan produk oli yang dipilih. Salah satunya dengan melihat kode pengaman pada tutup botol yang tidak sejajar atau bahkan tidak ada sama sekali.

"Selain itu di bagian bawah botol juga tidak terdapat empat cetakan kode dan jendela botol lebih lebar," ucap Daniel Halomoan, Supervisor Technical Service Astra Motor Makassar dalam keterangan resmi, Selasa (16/5/2017).

Oli palsu juga memiliki karakter yang lebih kental dari oli asli dan tutup botol yang mudah sekali dibuka. Kekentalan dari setiap oli memang berbeda – beda sesuai dengan jenis oli untuk masing – masing motor.

“Seperti motor bebek, skutik dan sport olinya beda karena memiliki beberapa kandungan yang spesifik untuk tiap jenis motor, jadi tidak heran kalau oli palsu awalnya pasti bisa jalan tapi beberapa waktu pasti langsung terasa kejanggalan lalu merusak komponen mesin," ucap Daniel.

Untuk itu, konsumen perlu memastikan pelumas pilihannya adalah asli keluaran pabrikan oli rekomendasi. Atau jika tidak mau ambil pusing, baiknya konsumen mendapatkan pelumas dari bengkel-bengkel resmi yang terjamin kualitasnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa