Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jelang Lebaran, Mobil Bekas Kembali Dilirik

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 16 Mei 2017 | 08:25 WIB
Ilustrasi mobkas jelang lebaran
Otomania/Setyo Adi
Ilustrasi mobkas jelang lebaran

Jakarta, Otomania.com - Jelang hari raya Idul Fitri dan bulan puasa, kondisi penjualan mobil bekas (mobkas) mengalami peningkatan. Ini dirasakan beberapa pedagang mobil bekas yang ditemui Otomania di beberapa showroom mobkas di Jakarta.

"Sudah mulai ramai bulan ini, tiap tahun pasti seperti ini. Awal tahun terasa sepi, kemarin waktu ada pameran mobil (IIMS-red) juga sepi. Ini mulai meningkat lagi," ucap Atung dari Auto Blessed MGK Kemayoran saat ditemui beberapa waktu lalu.

Konsumen yang mencari mobkas bukan hanya dari Jakarta dan sekitarnya, tapi juga dari daerah seperti Sumatera dan Kalimantan. Pembeli luar kota ini biasanya pedagang mobkas yang ingin mendapatkan keuntungan dari momentum hari raya tersebut.

"Kalau harga tidak ada perubahan signifikan antara waktu mau Lebaran atau hari biasa. Mobkas harganya tergantung kondisi barang, jadi tidak khawatir harga bakal melonjak tinggi," tambah Atung.

Selain karena kebutuhan, peningkatan penjualan mobkas jelang lebaran karena masih ada budaya ingin menunjukkan kesuksesan di kampung halaman. Ini membuat konsumen yang datang ke showroom mobkas biasanya juga menginginkan opsi tukar tambah.

"Jadi mudik setiap dua tahun sekali, konsumen juga ganti mobil setiap kali pulang kampung. Mereka memilih mobkas karena harganya lebih miring," ucap Tanti dari Jordy Mobil Kemayoran.

Kondisi penjualan ramai ini diperkirakan terus berlangsung hingga awal waktu puasa. Saat memasuki bulan puasa, penjualan kembali turun.

"Jadi kalau mencari mobkas untuk Lebaran, saat seperti sekarang waktu yang paling pas. Pilihannya juga masih banyak," ucap Tanti.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa