Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kabin New Agya Dirancang Jadi Lebih Sunyi

Azwar Ferdian - Sabtu, 13 Mei 2017 | 07:35 WIB
Interior New Astra Toyota Agya
Azwar Ferdian/KompasOtomotif
Interior New Astra Toyota Agya

Bandung, Otomania.com - Salah satu kelemahan pada model mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) milik Toyota Astra Motor (TAM), Agya, adalah ruang kabin yang terlalu berisik bila sedang dikendarai.

Situasi ini rupanya dibaca dengan baik oleh TAM, dan langsung memberikan perubahan signifikan pada New Astra Toyota Agya, atau model terbaru yang baru saja meluncur bulan April lalu. TAM mengklaim jika kabin New Agya kini lebih senyap.

Dijelaskan Gandhi Ahimsaputra, Product Knowledge Head PT Toyota Astra Motor (TAM), kabin New Agya bisa lebih senyap karena memang ada perbaikan. Perubahan utama ada pada suara mesin yang kini tidak lagi menyusup masuk ke interior, lalu ada penambahan peredam suara pada dasbor depan, dan penggunaan material interior yang lebih berkualitas.

"Ada beberapa ubahan yang diberikan pada New Agya, hasilnya suara kabin kini makin senyap. Secara pengujian internal, level noise pada kondisi idle (langsam) dengan AC menyala 49 desibel, buat model TRD 1,2 liter. Sementara pada model sebelumnya 50,9 desibel," jelas Gandhi kepada Otomania, di Bandung, Jumat (12/5/2017).

Mesin New Astra Toyota Agya
Azwar Ferdian/Otomania
Mesin New Astra Toyota Agya

Getaran
Selain bisa melenyapkan noise di kabin, New Agya kini juga diklaim minim getaran. Masih dijelaskan Gandhi, ada perubahan yang dilakukan pada sektor engine mounting untuk mengurangi getaran mesin.

"Selain engine mounting, ada juga perubahan pada gear shift dumping dan desain struktur bodi. Secara feeling dan data New Agya memiliki hasil vibration test yang lebih baik, lebih nyaman," jelas Gandhi.

Otomania.com mendapat kesempatan untuk menjajal langsung New Agya, pada sesi media test drive di Bandung, Jawa Barat. Tentu saja sesi pengujian ini juga akan menjadi pembuktikan apakah New Agya memang sudah mendapat ubahan yang lebih baik dibanding model sebelumnya.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa