Ganti Warna Motor dan Helm dengan "Water Decal"

Setyo Adi Nugroho - Minggu, 7 Mei 2017 | 11:22 WIB
Stiker water decal, cara modifikasi tampilan motor lebih mudah
Otomania/Setyo Adi
Stiker water decal, cara modifikasi tampilan motor lebih mudah


Jakarta, Otomania.com – Para penggemar modifikasi tidak meninggalkan tampilan sepeda motor tanpa sentuhan. Untuk terlihat berbeda biasanya ubahan seputar tampilan ekterior juga dilakukan dengan berbagai cara, bisa berupa stiker atau cat.

Salah satu cara baru bisa menggunakan water decal. Hasil pengerjaannya detail seperti stiker tapi halus seperti cat. Salah satu penyedia jasanya bisa ditemui di hall C aksesori di IIMS 2017.

”Penggunaan cat, seperti teknik airbrush biasanya ada beberapa yang tidak detail. Ini menggunakan stiker dengan bantuan air. Pertama kali ditujukan untuk helm, sekarang bisa ke berbagai media di motor,” ucap Irfan, dari Ronita DP saat ditemui beberapa waktu lalu.

Kelebihan lain dengan penggunaan teknik ini adalah perawatan yang mudah juga tahan lama. Sayangnya karena seringnya berukuran besar, teknik ini membutuhkan waktu lama untuk pemasangannya.

”Helm atau motor waktunya sekitar sebulan. Desain biasanya dari konsumen, nanti kita buat desainnya, kita minta persetujuan dari konsumen. Kalau setuju langsung dikerjakan kalau ada perubahan kita buatkan lagi desainnya,” ucap Irfan.

Teknik ini diklaim awet dalam hal warna karena dilapisi pernis. Namun disarankan tidak sering dijemur seharian di bawah sinar matahari untuk menjaga kualitas warna.

Modifikasi motor sport paling banyak dilakukan dengan cara ini. Biasanya mencontoh model tungganggan pebalap MotoGP. Untuk biaya, ukuran motor sport dibanderol mulai Rp 5 juta sedangkan motor berukuran kecil mulai Rp 3,5 juta.

Untuk penggemar helm modifikasi ini dibanderol Rp 1,3 juta untuk model full face dan 1,5 juta untuk model helm motor trail.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa