Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Konsumen Perlu Tahu, Honda SH150i Tanpa "Kick Starter"

Febri Ardani Saragih - Minggu, 30 April 2017 | 10:35 WIB
Honda SH150i untuk Indonesia.
Istimewa
Honda SH150i untuk Indonesia.

Jakarta, Otomania.com – Pada model skutik, kick starter sering kali terlupakan pemilik sebab jarang digunakan. Perannya baru disadari pada saat-saat terakhir untuk menyalakan mesin secara manual ketika energi aki habis atau tombol starter tangan tidak lagi bisa digunakan.

Walau jarang dipakai, konsumen di Indonesia masih terbiasa dengan kick starter terutama buat model skutik. Makanya, begitu model skutik yang dijual di Indonesia tidak didesain pakai kick starter, konsumen harus diberi penjelasan.

Honda SH150i tanpa engkol kick starter
Febri Ardani/Otomania
Honda SH150i tanpa engkol kick starter

Seperti langkah Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan skutik SH150i yang diimpor dari Vietnam. Sama seperti PCX 150, model ini juga tidak dilengkapi kick starter.

Winaryanto, Staff Instructur Technical Training Departement Technical Service Division AHM, setuju kalau konsumen SH150i harus diberi penjelasan agar menyadari penggunaannya. Dia juga mengatakan konsumen harus lebih peduli terhadap kesehatan aki, sebab fungsinya sentral sebagai satu-satunya cara menyalakan mesin.

“Perlu dikasih tahu, tidak ada penggunaan kick starter. SH150i murni mengandalkan aki. Kesehatan aki sangat penting karena dia yang diandalkan buat semua kelistrikan,” ucap Winaryanto di Indonesia International Motor Show, Sabtu (29/4/2017).

Honda SH150i mengadopsi teknologi smart key system.
Istimewa
Honda SH150i mengadopsi teknologi smart key system.
Selain itu juga, aki sangat penting buat sistem kunci kontak immobilizer SH150i yang artinya tanpa kontak fisik anak kunci buat menyalakan mesin. Jika aki mati, sistem kunci juga tidak bisa menyala, otomatis mesin tidak bisa hidup.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa