Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Penjelasan Honda Soal SH150i Tanpa “Kick Starter”

Febri Ardani Saragih - Minggu, 30 April 2017 | 10:26 WIB
Honda SH150i.
Febri Ardani/Otomania
Honda SH150i.

Jakarta, Otomania.com – Mesin skutik baru Honda, SH150i, tidak dilengkapi engkol kick starter. Desain seperti itu biasa dialami motor-motor Eropa, namun masih butuh penjelasan buat konsumen di Indonesia.

Baca: Skutik Baru Honda SH150i Tanpa "Kick Starter"

Menurut keterangan Winaryanto, Staff Instructur Technical Training Departement Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), mesin SH150i memiliki basis yang sama seperti PCX 150. Kedua model itu didesain mengacu ke pasar Eropa yang sudah terbiasa tanpa kick starter.

Winaryanto mengatakan konsumen di Indonesia yang harus menyesuaikan diri jika ingin memiliki SH150i. Pada model ini, peran aki sangat vital sebagai sumber kelistrikan dan operasional motor.

Honda SH150i tanpa engkol kick starter
Febri Ardani/Otomania
Honda SH150i tanpa engkol kick starter

Kalau energi aki habis?

Winaryanto mengatakan konsumen SH150i yang dijual Rp 44,9 juta tergolong premium. Prediksinya konsumen kelas atas seperti itu peduli pada perawatan kendaraan, jadi asumsinya bakal sering ke bengkel. Peluang aki dalam kondisi rendah dikatakan bakal kecil sebab selalu dicek mekanik saat servis.

“Kebiasaan konsumen yang harus diubah, kick starter itu hanya untuk motor reguler,” katanya, di Indonesia International Motor Show (IIMS), Sabtu (29/4/2017).

Perlu diketahui konsumen, jika energi aki habis di tengah jalan maka tidak ada lagi yang bisa dilakukan selain mengisi ulang atau menggantinya dengan yang baru di tempat. SH150i menggunakan transmisi CVT sebab itu tidak bisa didorong buat menyalakan mesin seperti transmisi manual.

Saat mogok di jalan Winaryanto menyarankan langsung menghubungi AHASS (Astra Honda Autorized Service Station) terdekat. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa