Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kejar Kenyamanan dengan "Air Suspension", Perlukah?

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 26 April 2017 | 13:50 WIB
Pelek besar ditambah air suspension
Stanly/KompasOtomotif
Pelek besar ditambah air suspension

Jakarta, Otomania.com – Suspensi model air suspension banyak digunakan pabrikan mobil Eropa. Suspensi jenis ini membuat level kenyamanan mobil Eropa terkenal dan digemari banyak orang sebagai salah satu cita rasa premium.

Populernya air suspension ini membuat pemilik mobil Jepang ingin memodifikasi mobil miliknya dengan supensi jenis ini. Meski harga yang ada di pasaran terbilang mahal.

Namun menurut Abung dari FCS Absorber, memodifikasi mobil yang sebelumnya menggunakan suspensi biasa menjadi air suspension tidak banyak berpengaruh dalam kenyamanan. Terutama untuk digunakan harian.

“Tidak terlalu signifikan kenyamanan yang didapat. Apalagi buat harian padahal sudah habis puluhan juta,” ucap Abung saat ditemui beberapa waktu lalu.

Menurut Abung, kenyamanan yang diidamkan dengan menggunakan air suspension seperti mobil Eropa sulit didapatkan karena pabrikan sendiri merancang basisnya untuk suspensi konvensional. Selain itu ada kemungkinan keamanannya kurang.

Pasalnya untuk memasang perangkat air suspension perlu modifikasi penambahan beberapa titik untuk pegangan suspensi. Dikhawatirkan hasil pengerjaan bagian ini tidak memenuhi standar keselamatan.

“Kalau tujuannya untuk mengikuti kontes modifikasi masih lebih baik dan memang menarik. Tapi untuk harian tidak terlalu berpengaruh malah bisa habis dana banyak,” ucap Abung.

Untuk menambah kenyamanan di mobil dengan suspensi konvensional cukup modifikasi dengan mengganti suspensi aftermarket. Minta saran dari bengkel terpercaya untuk modifikasi bagian ini agar sesuai dengan keinginan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa