Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ukuran Pelek Pengaruhi Kenyamanan Motor

Setyo Adi Nugroho - Sabtu, 22 April 2017 | 09:35 WIB
Pelek 12 inci Scoopy, lebih kecil tapi ground clearance naik tiga persen.
Stanly/KompasOtomotif
Pelek 12 inci Scoopy, lebih kecil tapi ground clearance naik tiga persen.

Jakarta, Otomania.com – Bagian kaki-kaki pada sepeda motor berfungsi untuk memberikan kenyamanan selama berkendara. Salah satunya adalah pilihan pelek yang digunakan pabrikan untuk produk motornya.

Menurut Dadan dari Divisi Teknik PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), penggunaan ukuran pelek punya maksud tersendiri. Terutama dalam hal kenyamanan menghadapi kontur jalan yang beragam.

“Pelek besar secara diameter akan membuat putaran semakin ringan. Di sisi lain pada saat jalan berlubang tidak terlalu terasa,” ucap Dadan saat ditemui beberapa waktu lalu.

Dadan memberikan contoh, perbedaan pelek antara motor skutik dan motor bebek. Ketika menghajar lubang yang sama akan memberikan reaksi berbeda dimana skutik lebih terasa hentakannya saat menghajar lubang.

Ini karena diameter pelek membuat kemampuan motor melangkah melewati lubang lebih baik dengan ukuran yang besar. Seperti orang yang ingin melompati parit, akan mudah bagi yang memiliki jangkauan kaki lebih jauh.

“Itu kenapa alasannya motor trail punya pelek depan lebih besar. Semata-mata untuk lebih meredam goncangan serta memudahkan arah kemudi motor nantinya,” ucap Dadan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa