Ukuran Pelek Pengaruhi Kenyamanan Motor

Setyo Adi Nugroho - Sabtu, 22 April 2017 | 09:35 WIB
Pelek 12 inci Scoopy, lebih kecil tapi ground clearance naik tiga persen.
Stanly/KompasOtomotif
Pelek 12 inci Scoopy, lebih kecil tapi ground clearance naik tiga persen.

Jakarta, Otomania.com – Bagian kaki-kaki pada sepeda motor berfungsi untuk memberikan kenyamanan selama berkendara. Salah satunya adalah pilihan pelek yang digunakan pabrikan untuk produk motornya.

Menurut Dadan dari Divisi Teknik PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), penggunaan ukuran pelek punya maksud tersendiri. Terutama dalam hal kenyamanan menghadapi kontur jalan yang beragam.

“Pelek besar secara diameter akan membuat putaran semakin ringan. Di sisi lain pada saat jalan berlubang tidak terlalu terasa,” ucap Dadan saat ditemui beberapa waktu lalu.

Dadan memberikan contoh, perbedaan pelek antara motor skutik dan motor bebek. Ketika menghajar lubang yang sama akan memberikan reaksi berbeda dimana skutik lebih terasa hentakannya saat menghajar lubang.

Ini karena diameter pelek membuat kemampuan motor melangkah melewati lubang lebih baik dengan ukuran yang besar. Seperti orang yang ingin melompati parit, akan mudah bagi yang memiliki jangkauan kaki lebih jauh.

“Itu kenapa alasannya motor trail punya pelek depan lebih besar. Semata-mata untuk lebih meredam goncangan serta memudahkan arah kemudi motor nantinya,” ucap Dadan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa